Share

3 Kader HMI Ditangkap, Polisi Sebut Demo Depan Istana Tak Berizin

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Sabtu 23 April 2022 05:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 23 338 2583829 3-kader-hmi-ditangkap-polisi-sebut-demo-depan-istana-tak-berizin-PFy6q26fM8.jpeg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Wisnu Wardhana menyebut bahwa aksi demo Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di depan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat tidak berizin. Adapun aksi terkait dugaan salah tangkap kasus begal di Tambelang, Kabupaten Bekasi.

"Massa aksi unjuk rasa dari kelompok HMI sekitar kurang lebih 20 orang dengan tidak memberikan pemberitahuan aksi kepada pihak kepolisian. Mengingat aksi tersebut tidak ada pemberitahuan," kata Wisnu saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (22/4/2022).

Wisnu membenarkan 3 kader HMI diamankan pihaknya. Hal itu guna dilakukan pemeriksaan.

 Baca juga: Buntut Kasus Salah Tangkap, Kader HMI Se-Jabodetabek Bakal Gelar Demo di Istana

"Tempat aksi unjuk rasa yang dilarang menurut Undang-Undang Nomor 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan penyampaian pendapat di muka umum yaitu tepat di depan Istana Negara. Maka petugas kepolisian mengimbau secara humanis untuk massa aksi membubarkan diri namun tidak dihiraukan, sehingga dilakukan tindakan kepolisian secara tegas dan terukur kepada massa aksi," ucapnya.

"Dalam aksi tersebut ada beberapa petugas kepolisian yang terluka saat pembubaran massa aksi tersebut sehingga diamankan 3 orang karena melawan petugas untuk dilakukan pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Pusat," tambahnya.

Lebih lanjut, Wisnu membeberkan massa beratribut HMI juga kedapatan membawa ban dan juga bensin. Namun berhasil dicegah oleh pihak kepolisian dan tidak terjadi aksi pembakaran.

"Massa yang beratribut HMI saat demo tadi membawa ban dan bensin untuk melakukan pembakaran ban dan sudah sempat menuangkan bensin ke ban, namun dapat dicegah oleh petugas kepolisian," tuturnya. 

Sebelumnya, tiga orang kader HMI yang ditangkap antara lain, Ketua PB HMI Bidang Perguruan Tinggi dan Kepemudaan (PTKP) Akmal Fahmi, Fungsionaris PB HMI Bidang Hukum dan HAM, Andi Kurniawan, dan anggota HMI Cabang Jakarta Timur, Imam Zarkasi.

"Iya 3 orang ditangkap sampai saat ini di Polres Jakarta Pusat. Akmal fahmi, andi kurniawan dan Imam zarkasi. Masih di tahan," ujar Ketua Bidang Keamanan dan Pertahanan Pengurus Besar (PB) HMI Arven Marta kepada MNC Portal Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini