Share

Waspada, Penipuan Atas Nama Bupati Bogor Ade Yasin

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 23 April 2022 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 23 338 2584058 waspada-penipuan-atas-nama-bupati-bogor-ade-yasin-Dosl1iWnu4.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

BOGOR - Aksi penipuan modus meminta sumbangan yang mengatasnamakan Bupati Bogor Ade Yasin terjadi melalui pesan Whatsapp. Masyarakat diminta untuk berhati-hati terhadap aksi penipuan ini.

Penipuan tersebut diketahui setelah adanya unggahan foto tangkapan layar oleh akun Instagram @kabupaten.bogor. Terlihat dalam tangkapan layar itu, sang penipu mengatasnamakan Ade Yasin untuk meminta sumbangan untuk yayasan pesantren.

"Sebelumnya perkenalkan saya dengan Ibu Hj Ade Yasin selaku Bupati Bogor. Saya mau menggalang donasi berupa uang untuk berbagai yayasan pondok pesantren dan rumah tahidz. Apa benar ini saya berbicara dengan pengurus yayasan/rumah tahidz?," tulis narasi penipu dalam pesan Whatsappnya yang dikutip MNC Portal, Sabtu (23/4/2022).

 BACA JUGA:Gugatan Kasus Penipuan! Pemegang Saham Tesla Minta Elon Musk Stop Koar-Koar

Dikonformasi, Kadiskominfo Kabupaten Bogor Bayu Ramawanto membenarkn adanya aksi penipuan yang mengatasnamakan Bupati Bogor Ade Yasin seperti dalam unggahan Instagram tersebut. Foto tangkapan layar itu dibagikan langsung oleh Ade Yasin.

"Iya benar, dari ibu (Ade Yasin) sendiri itu," kata Bayu kepada wartawan.

 BACA JUGA:Selebgram Cantik Dilaporkan Polisi soal Penipuan Arisan Online

Meski begitu, pihaknya belum mengetahui pasti sasaran dari sang penipu. Yang pasti, nomor yang diposting tersebut bukan nomor Ade Yasin.

"Kurang tahu ke mana-mananya, siapa-siapanya. Yang jelas ini ibu nerima komplain dari siapa saya kurang tahu, mungkin dari pejabat juga. Makanya diteruskan ke kita supaya di-up kalau itu hoaks," ungkapnya.

Bayu menambahkan, aksi penipuan yang mengatasnamakan pejabat di Kabupaten Bogor seperti ini memang kerap terjadi. Apalagi menjelang Lebaran agar masyarakat untuk lebih berhati-hati.

"Sebenarnya bukan hanya ini aja, tapi udah sering. Wabup juga ada kemarin itu, apalagi mau Lebaran gini. Kalau saya pikir mungkin udah disampaikan sama ajudan atau Sekpri ke kepolisian," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini