Share

Duka Warga Pasar Gembrong, Baru Beli Baju Lebaran Ludes Dilalap Api

Bachtiar Rojab, MNC Media · Senin 25 April 2022 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 338 2584981 duka-warga-pasar-gembrong-baru-beli-baju-lebaran-ludes-dilalap-api-PMcGOKq2Ri.jpg Warga Pasar Gembrong, Siti Suryani (Foto: Bachtiar Rojab)

JAKARTA - Duka masih menyelimuti warga kawasan Pasar Gembrong, Kelurahan Cipinang Besar, Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Di tengah Ramadan, kebakaran melanda kawasan tersebut, pada Minggu 24 April 2022 malam.

Penantian momen haru jelang lebaran justru tidak dialami warga Pasar Gembrong. Mereka disibukkan dengan huru-hara kebakaran yang telah meluluh lantahkan rumah hingga usaha di kawasan Pasar Gembrong.

BACA JUGA:Kerugian Akibat Kebakaran di Kawasan Gambir Ditaksir Capai Rp1,3 Miliar 

Salah seorang pedagang makanan anak, Siti Suryani (28) turut menjadi kobaran api yang membakar kawasan Pasar Gembrong, Senin (25/4/2022) hingga dini hari tadi. Ia mengaku, pasrah akan kejadian tersebut.

"Kejadian sekitar 20.30 WIB. Aku lagi di luar lagi buka bersama bareng keluarga. Jadi, apinya sudah merambat ke mana-mana. Saya enggak bisa nyelametin apa-apa. Udah enggak bisa masuk ke dalam rumah," ujar Siti di tenda pengungsian.

Menurut Siti, saat ini ia hanya bisa berserah diri kepada Allah akibat kejadian nahas tersebut. Terlebih, hal ini menjadi pembelajaran serta ujian kesabaran bagi dirinya dan keluarganya.

"Ya harus ikhlas dan ridho, harus gimana lagi. Udah takdirnya Allah ngasih begini. Harus lebih sabar lagi," ujar Siti sembari mengusap isak tangisnya.

BACA JUGA:Gulkarmat DKI Jakarta: Kebakaran Pasar Gembrong Terjadi pada Rumah Tinggal 

Terlebih, lanjut Siti, ia telah mempersiapkan pernak-pernik jelang lebaran. Salah satunya, ialah baju baru yang telah dinanti-nantikan oleh anak pertamanya yang sudah mampu menahan haus dan dahaga selama puasa.

"Anak-anak saya pada nangis, ada yang ngeluh, 'baru juga beli baju baru, udah kebakar aja, Bu,' kan sedih. Kita sudah beli, bajunya ditaruh di lemari," ucap Siti yang kali ini tak bisa menahan air matanya.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Kendati demikian, Siti telah terbantu dengan apa yang sudah disediakan jajaran setempat. Yakni, tenda pengungsian. Namun, Ia tetap mengeluhkan terkait sandang serta tenda pengungsian yang kerap dimasuki cucuran air.

"Terus juga pakaian dalam juga belum ada buat kita orang dewasanya. Seperti ini aja, kurang nyaman sebenernya tapi mau gimana lagi," katanya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi lokasi kebakaran Pasar Gembrong di Jatinegara Jakarta Timur, beberapa saat lalu. Hal tersebut, guna memastikan kondisi terkini warga yang terdampak.

Usai meninjau seluruh lokasi, Anies mengatakan, turut prihatin melihat musibah yang dirasakan warga kawasan Pasar Gembrong. Menurutnya, pemerintah tidak akan tinggal diam untuk membantu warga yang terdampak.

"Jadi, ini adalah sebuah musibah dan kita akan langsung melakukan tindakan bantuan untuk masyarakat yang terdampak," ujar Anies di tenda pengungsian warga, kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini