Share

Tips Aman Mudik, Warga Boleh Titipkan Kendaraan di Kantor Polisi

Erfan Maaruf, iNews · Senin 25 April 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 338 2585025 tips-aman-mudik-warga-boleh-titipkan-kendaraan-di-kantor-polisi-3Q10cauabR.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan (Foto: Antara)

JAKARTA - Lebaran Idul Fitri 1443 H, pemerintah memperbolehkan masyaralat mudik ke kampung halaman. Artinya, bakal banyak rumah yang ditinggalkan pemiliknya.

Untuk mengantisipasi terjadi kejahatan pencurian, Polda Metro Jaya memberikan tips aman dan tenang meninggalkan rumah saat seluruh anggota keluarga mudik lebaran. Kendaraan yang hendak ditinggalkan juga dapat dititipkan pada kantor polisi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan masyarakat harus menjaga harta beda yang ditinggalkan mudik lebaran. Selain agar aman juga untuk memberikan rasa tenang meski rumah jauh dari pantauan mata. 

Warga yang hendak mudik sebaiknya melaporkan pada pihak pengurus RT atau RW serta pihak kepolisian. Laporan itu dilakukan agar rumah yang ditinggalkan oleh para pemudik dapat terdata untuk dipantau dan diamankan oleh petugas.

Polda Metro telah menginstruksikan pada Kapolsek, Babinkamtibmas yang bekerja sama dengan Babinsa dan Satpol PP mengenai pengamanan lingkungan.

"Apabila tidak ada orang lain atau keluarga ini bisa titipkan atau beri tahu kepada pihak kelurahan, RT, RW setempat termasuk dari kepolisian juga akan didata rumah kosong yang ditinggalkan masyarakat mudik ke kampung halaman, sehingga rumah yang ditinggalkan kita pantau agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan," kata Zulpan di Jakarta, Senin (25/4/2022).

BACA JUGA:Mudik Macet 1 KM, Gratis Bayar Tol, Selengkapnya Hanya di iNews Sore 

Selain itu, Zulpan mengatakan, juga meminta warga yang meninggalkan kendaraan dan barang berharga saat mudik bisa menitipkannya ke kantor polisi terdekat. Nantinya warga bisa mengambil kembali setelah kembali dari kampung halaman.

"Barang-barang itu akan kami lakukan penjagaan dan pengamanan, sehingga setelah mudik dari kampung barang-barang itu bisa diambil masyarakat dengan baik," katanya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini