Share

Catat! Polisi Larang Main Petasan saat Takbiran, Jangan Sampai Lebaran dalam Penjara

Tim Okezone, Okezone · Minggu 01 Mei 2022 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 338 2588164 catat-polisi-larang-main-petasan-saat-takbiran-jangan-sampai-lebaran-dalam-penjara-dXAJgZnxuv.jpg Foto: Okezone

BOGOR – Polisi meminta masyarakat tidak melakukan konvoi kendaraan atau takbir keliling saat malam takbiran serta bermain petasan di wilayah Kota Bogor.

(Baca juga: Cuaca Panas, Tumpukan Petasan di Lapak Pedagang Meledak)

Larangan itu merujuk pada Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang bunga api. Di dalamnya disebutkan, benda yang boleh dan benda yang tidak boleh diledakan. Dalam Undang Undang dijelaskan, pembuat, penjual, penyimpan, dan pengangkut petasan bisa dikenakan hukuman minimal 12 tahun penjara hingga maksimal kurungan seumur hidup.

"Kebijakannya (malam takbiran) sama dengan sebelumnya bahwa tidak boleh konvoi, diimbau agar masyarakat takbiran dari masjid. Masalah petasan kami tetap melarang warga untuk menyalakan petasan atau mercon," kata Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria kepada wartawan, Sabtu (30/4/2022).

Sementara itu, terkait pengamanan arus mudik dan libur Lebaran pihaknya akan lebih pada mengatur kelancaran lalu lintas. Juga akan mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat arus balik mudik Lebaran.

Antisipasi tahun ini berbeda dengan dua tahun yang lalu tahun ini akan lebih bersifat melayani kelancaran lalu lintas khususnya pemudik tetap mengutamakan prokes. Beberapa hari lalu Forkopimda Kota Bogor melaksanakan zoom meeting dengan ketua RW se-Kota Bogor dengan tujuan antisipasi penyebaran Covid-19 paska libur mudik sehingga wajib mendata dan mencatat warga yang mudik," pungkasnya.

Baca selengkapnya: Ingat! Polisi Imbau Warga Tak Gelar Takbir Keliling dan Larang Nyalakan Petasan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini