Share

Jadi Tempat Wisata Favorit saat Libur Lebaran, Ini Asal Penamaan Kebun Binatang Ragunan

Tim Okezone, Okezone · Selasa 03 Mei 2022 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 338 2588670 jadi-tempat-wisata-favorit-saat-libur-lebaran-ini-asal-penamaan-kebun-binatang-ragunan-cT46WDofUw.jpeg Taman Margasatwa Ragunan (Antara)

JAKARTA - Taman Margasatwa Ragunan menjadi salah satu objek wisata favorit masyarakat. Kebun binatang yang terletak di kawasan Jakarta Selatan itu kerap dipenuhi pengunjung saat hari libur, termasuk libur Lebaran.

Di balik penamaan Ragunan, ternyata ada sejarah panjang di baliknya.

Mengutip dari Ensiklopedia Jakarta, Ragunan yang merupakan kelurahan di Kecamatan Pasar Minggu itu berasal dari gelar Pangeran Wiraguna.

Pangeran Wiraguna adalah gelar yang disandang tuan tanah pertama di kawasan itu yakni Hendrik Lucaasz Cardeel. Ia memperoleh gelar tersebut dari Sultan Banten Abunasar Abdul Qahar atau Sultan Haji, putra Sultan Ageng Tirtaya.

Ceritanya panjang seorang Belanda sebagai musuh bebuyutan bisa dianugerahi gelar begitu tinggi oleh Sultan Banten. Mulanya pada 1675 dari Banten terbetik berita, sebagian dari keraton Surasowan, tempat bertakhta Sultan Ageng Tirtayasa, terbakar.

Dua bulan sesudahnya, datang Hendrik Lucaasz Cardeel, seorang juru bangunan yang mengaku lari dari Batavia karena ingin memeluk Islam dan mengabdi pada Sultan Banten.

Sultan menyambutnya dengan gembira karena memang sedang membutuhkan seorang juru bangunan berpengalaman. Cardeel segera ditugasi memimpin pembangunan istana dan bangunan lainnya seperti bendungan dan tempat istirahat raja.

Atas jasanya itu dan sesudah masuk Islam, Cardeel dianugerahi gelar Kiai Aria Wiraguna. Tak terbesit sedikit pun di benak raja, itu merupakan tipuan Belanda semata.

Ketika terjadi sengketa antara Sultan Haji dan ayahandanya soal penobatannya menjadi sultan, Sultan Haji meminta bantuan Belanda melalui perantaraan Cardeel. Dengan bantuan kompeni itu, akhirnya Sultan Haji berhasil menduduki takhta Banten.

Untuk membalas jasa Cardeel itulah, Sultan Banten menaikkan gelar kehormatannya menjadi Pangeran Wiraguna.

Beberapa tahun kemudian, Cardeel merasa tidak betah lagi tinggal di Banten karena banyak yang memusuhinya. Pada 1969 Cardeel pamit kepada Sultan akan menengok sebentar ke Batavia. Namun, ternyata ia untuk seterusnya menetap di Batavia dan kembali memeluk agama Kristen.

Sekembalinya ke Batavia itu Cardeel alias Pangeran Wiraguna membuka lahan yang sangat luas di daerah yang sekarang disebut "Ragunan". Di lokasi tersebut, selain ada Kebun Binatang atau Taman Margasatwa Ragunan, juga terdapat sebuah gang, yang diberi nama Gang Wiraguna. Konon di situ letak Istana Pangeran Wiraguna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini