Share

Sempat Padat Merayap, Volume Kendaraan di Tol Japek Turun Signifikan Malam Ini

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 03 Mei 2022 22:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 338 2588966 sempat-padat-merayap-volume-kendaraan-di-tol-japek-turun-signifikan-malam-ini-eVIETG2sXd.jpg Kondisi GT Cikampek Utama malam ini (Foto: tangkapan layar iNews TV)

CIKAMPEK - Volume kendaraan arus balik pemudik dari kampung halaman masing-masing mulai terlihat di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama (Cikatama) KM 70 pada Selasa (3/5/2022).

Berdasarkan pantauan, pada malam hari ini disepanjang ruas tol Jakarta-Cikampek sudah mulai berangsur kembali kondusif, meskipun sore hari tadi sempat terjadi kemacetan ataupun antrean panjang kendaraan sepanjang kurang lebih 3 Kilometer dari arah Tol Cikampek tepatnya KM 73 sampai KM 70.

Volume kendaraan datang dari arah Tol Trans Jawa atau tol Bandung Cipularang dan sekitarnya menuju kembali ke Ibu Kota.

Artinya pada satu hari ini sudah ada penambahan volume kendaraan untuk arus balik mudik yakni pemudik yang kembali dari kampung halamannya ke Jakarta.

Baca juga: Arus Lalu Lintas Menuju Puncak Masih Padat Merayap Malam Ini

Kemudian, kepadatan sore hari tadi sudah dapat dicairkan dengan contraflow dari pihak kepolisian yang berhasil dilakukan mulai KM 36 hingga mengarah ke ruas Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) tepatnya KM 80. Contraflow resmi diberhentikan pukul 20.40 WIB karena arus lalu lintas berhasil dikondusifkan kembali dan volume kendaraan dicairkan.

Baca juga: Akses Keluar Tol Gedebage KM 149 Ruas Tol Padaleunyi Ditutup Pukul 18.00 WIB

Sementara itu, puncak arus balik diprediksi terjadi pada akhir pekan ini atau dimulai Jumat 6 Mei 2022 hingga Minggu 8 Mei 2022 mendatang dengan prediksi 137.000 kendaraan yang melintas di Tol Jakarta-Cikampek pada puncak arus balik.

Sehingga diimbau kepada masyarakat untuk memilih waktu kepulangan secara tepat untuk menghindari kemacetan pada prediksi puncak arus balik.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi pada momen Idulfitri tahun ini untuk kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik, dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak bapak, ibu dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik. Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," kata Jokowi Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Jalur Lingkar Gentong Tasikmalaya Macet, Dominasi Kendaraan Lokal

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini