Share

Kebakaran Permukiman di Pasar Gembrong, Pemprov DKI Godok Desain Revitalisasi

Yohannes Tobing, Sindonews · Jum'at 06 Mei 2022 05:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 06 338 2589801 kebakaran-permukiman-di-pasar-gembrong-pemprov-dki-godok-desain-revitalisasi-plsceDpCh7.jpg Kebakaran permukiman di kawasan Pasar Gembrong (Foto: MPI)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah menggodok rencana revitalisasi permukiman warga korban kebakaran hebat di kawasan Pasar Gembrong, RW 01, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur.

Plt Camat Jatinegara Jati Rudy Syahrul menuturkan perencanaan desain ini berdasarkan instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk melakukan revitalisasi permukiman warga yang telah terbakar.

"Saat ini sedang proses perencanaan desain," kata Rudy saat dikonfirmasi pada Kamis (5/5/2022).

Dijelaskan Rudy, Gubernur meminta tim perencanaan terlebih dahulu meninjau revitalisasi korban kebakaran di Kwitang, Senen, Jakarta Pusat.

Peninjauan tersebut dilakukan sebelum melakukan desain. Pernyataan ini disampaikan Anies saat berkunjung ke permukiman warga Pasar Gembrong pada Senin 2 Mei 2022, dan menyatakan revitalisasi segera dimulai bertahap mulai pekan depan.

Namun demikian Rudy belum bisa memastikan konsep revitalisasi permukiman warga Pasar Gembrong akan menggunakan desain serupa dengan revitalisasi di Kwitang, Senen, Jakarta Pusat atau tidak.

"Terkait hal tersebut pihak Kota (Pemkot) yang dapat menjawab. Karena konsep tersebut disampaikan pak Gubernur ke pak Walikota dihadapan pak Sekda, Camat dan Ketua RW, LMK di Musala setelah Salat," ujarnya.

Sementara itu Ketua RW 01 Cipinang Besar Utara, Maju Saiman Hutabarat mengatakan warganya senang dengan rencana revitalisasi karena banyak di antara mereka kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran.

Warga berharap revitalisasi dari Pemprov DKI Jakarta yang dijadwalkan dimulai pekan depan dapat membuat warga bangkit melanjutkan hidup setelah mengalami musibah kebakaran.

Adapun terkait desain, Saiman belum mengetahui bentuk desain revitalisasi yang dicanangkan Anies. Namun dirinya sempat diperlihatkan sejumlah gambaran desain revitalisasi oleh pihak Pemprov DKI.

"Kalau gambaran saya kita diperlihatkan rumah contoh yang sudah ada di Kampung Melayu, kira-kira seperti di sana. Atau yang seperti di Senen sana. Kira-kira dicoba ditata (seperti) di sana," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini