Share

One Way saat Arus Balik, Masyarakat yang Hendak ke Bandung Diimbau Gunakan Jalur Alternatif

Irfan Ma'ruf, iNews · Minggu 08 Mei 2022 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 08 338 2590603 one-way-saat-arus-balik-masyarakat-yang-hendak-ke-bandung-diimbau-gunakan-jalur-alternatif-FZH9JYPCbD.jpg Masyarakat yang hendak ke Bandung diminta lewat jalur alternatif saat arus balik. (Ilustrasi/MNC Portal)

JAKARTA - Kebijakan one way diterapkan di jalan tol dari arah Jawa Tengah menuju DKI Jakarta saat arus balik Lebaran. Karena itu, masyarakat Jakarta dan sekitarnya diminta menggunakan jalur alternatif jika ingin bepergian ke luar kota.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Sambodo Purnomo Yogo pihaknya menyiapkan jalur alternatif bagi masyarakat yang akan bepergian ke Kota Bandung, Jawa Barat. Hal ini guna mencegah kemacetan di sepanjang jalan tol.

Masyarakat yang bertempat tinggal sekitar Cimanggis, Cinere, Jaksel, atau Kramat jati, bisa mengambil Jalur Cikunir JORR. Demikian juga yang rumahnya di kawasan Priok, Cempaka Putih, bisa ambil ke arah Cilincing dan dapat masuk menggunakan Tol Priok.

"Nanti dia bisa turun ke Cempaka Putih, Rawamangun dan seterusnya atau turun ke arah Ancol Pluit, jadi menghindari di GT Halim," kata Sambodo, Kamis (5/5/2022).

"Ini yang kita imbau untuk yang masuk ke Jakarta tidak memaksakan diri keluar di Halim tapi bisa memanfaatkan melalui Cikunir baik yang Cikunir JORR Pondok Indah maupun yang ke arah Cilincing," paparnya.

Lebih lanjut, Sambodo mengatakan bagi warga Kota Bekasi, Bekasi Kabupaten, Kota Cikarang, Cibitung dan Tambun yang akan ke Jakarta sebaiknya tidak menggunakan Tol Japek karena akan menambah beban lalu lintas. Masyarakat disarankan menggunakan jalur arteri.

"Kalau dia di Bekasi kabupaten bisa arteri Pantura, lewat Kalimalang tembus ke Jakarta Timur atau lewat Harapan Indah. Atau dari Kalimalang lewat Becakayu, nanti bisa tembus Tol Priok atau Halim," tuturnya.

Sambodo melanjutkan, jalur Tol Japek sepenuhnya digunakan oleh pemudik yang akan kembali ke Jakarta. Untuk para traffic lokal Bekasi Jakarta sebaiknya pulang pergi jangan gunakan tol Japek tapi gunakan jalan arteri.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan menuju Bandung saat one way arus balik kami siapkan lima alternatifnya," beber Sambodo.

Dia menjelaskan, alternatif pertama masyarakat bisa melewati puncak yang sebelumnya tidak disarankan karena puncak saat ini sedang padat.

"Alternatif satu itu dari Ciawi langsung ke Sukabumi, Warung Kondang, nanti masuk Cianjur dan menuju Bandung," tuturnya.

Selanjutnya, masyarakat bisa menggunakan jalan Cibubur, Cileungsi, Jonggol yang akan tembus Cianjur dan langsung mengarah Bandung.

"Ini yang kita Sarankan untuk digunakan," imbuh Sambodo.

Alternatif ketiga, adalah melewati jalan raya arteri pantura, mulai dari Kalimalang, Tambun, terus Kedungwaringin, Tanjung Pura dauwan sampai Karawang.

"Simpang Jomin, sampai Purwakarta nanti bisa lewat Cikalong, tembus Padalarang Bandung atau lewat Subang, Wanayasa kemudian Lembang dan Bandung," ujarnya.

"Artinya supaya temen-temen saat dialihkan ke Cawang, dialihkan ke jalur lain itu bisa tetep menuju Bandung dan menghindari one way saat tgl 6-8 mei," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini