Share

Melonjak 2 Kali Lipat, 10 Ribu Orang Diprediksi Jadi Pendatang Baru di Bekasi

Jonathan Simanjuntak, MNC Portal · Senin 09 Mei 2022 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 338 2591115 melonjak-2-kali-lipat-10-ribu-orang-diprediksi-jadi-pendatang-baru-di-bekasi-mY3HHHgTGV.jpg Ilustrasi mudik (Foto: Antara)

BEKASI - Sebanyak 10 ribu warga diprediksi akan mendatangi Kota Bekasi, Jawa Barat usai libur lebaran 2022. Mereka diprediksi akan bermigrasi dan mencari pekerjaan di bidang industri yang tersebar di Bekasi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, Taufik Hidayat mengatakan, angka tersebut didapatkan berdasarkan jumlah pendatang yang datang pada lebaran tahun 2021 silam.

“Jika melihat kedatangan tanpa Pindah datang diproyeksikan mencapai dua kali lipat dari jumlah yang menggunakan SKPWNI atau sekitar 10 ribu orang,” ucap Taufik ketika dimintai keterangan, Senin (9/5/2022).

BACA JUGA:Arus Balik dari Stasiun Purwokerto dan Kutoarjo Masih Tinggi 

Taufik menambahkan, jumlah ini juga meningkat dari warga yang datang usai libur lebaran tahun lalu. Pada tahun lalu, Disdukcapil berhasil mencatat sekira 6 ribu orang yang masuk.

“Berdasarkan data pelaporan pindah datang penduduk yang masuk di Kota Bekasi pada bukan Mei sampai Juni 2021, terdata 6225 orang masuk pindak ke Kota Bekasi,” tuturnya.

Taufik mengimbau warga pendatang atau yang akan berdomisili di Kota Bekasi untuk segera melaporkan administrasi ke pada pemerintah setempat. Hal ini untuk memenuhi undang-undang tentang administrasi kependudukan.

“Prinsipnya sama dengan DKI bahwa kami tidak bisa mencegah warga yang akan masuk ke Kota Bekasi, karena kesempatan untuk tinggal di mana pun adalah Hak Warga Negara sepanjang seluruh warga memiliki Dokumen Administrasi Kependudukan yang lengkap,” katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini