Share

Aksi Heroik Petugas Damkar Evakuasi Lansia Sakit di Lantai Dua Rumah

Yohannes Tobing, Sindonews · Senin 09 Mei 2022 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 338 2591417 aksi-heroik-petugas-damkar-evakuasi-lansia-sakit-di-lantai-dua-rumah-pM10QaUgV7.jpg Evakuasi lansia yang sakit di lantai dua rumah. (Foto: Damkar Jakut)

JAKARTA - Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara bersama Suku Dinas Sosial Jakarta Utara melakukan evakuasi seorang lansia berinisial BHW (72) yang sakit. 

Diketahui BHW terbaring lemah tak berdaya di lantai dua rumah yang dihuninya di Jalan Pademangan 2, gang 8, Jakarta Utara. Parahnya lagi, dirinya sudah tidak makan selama empat hari.

Melihat kondisi tersebut, warga sekitar langsung bergegas melaporkan hal ini kepada petugas (Gulkarmat dan Sudinsos) untuk mengevakuasi BHW dari lantai atas yang di tinggalinya seorang diri.

Perwira piket Gulkarmat sektor Pademangan, Hadi Susilo, mengatakan pihaknya mendapat laporan dari warga bahwa ada yang sakit dan berada di lantai 2 namun tinggal seorang diri.

 BACA JUGA:Pendaki Hilang di Gunung Ijen Ditemukan Selamat, Evakuasi Berjalan Sulit

"Kita upayakan untuk evakuasi, alhamdulillah evakuasi berlangsung dengan baik, korban juga selamat," Kata Hadi saat dikonfirmasi pada Senin (9/5/2022). 

Dijelaskan Hadi, saat melakukan evakuasi korban di lantai atas, petugas mengalami kesulitan lantaran tempat yang ditinggalinya dipenuhi sampah. Sehingga  petugas sulit membawa tandu. 

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Petugas pun akhirnya mendobrak balkon rumah dan memasangkan tangga dari atas ke bawah. BHW pun langsung diikat dengan menggunakan tandu. Usai dievakuasi, korban langsung dibawa ke RSUD Koja guna penanganan lebih lanjut.

"Kendala yang kami alami adalah akses dari jalan bawah rumahnya ini tertutup oleh tumpukan sampah. Sehingga anggota kami yang hendak evakuasi dari lantai bawah tidak bisa. Akhirnya kami memasang tangga untuk akses menurunkan korban," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini