Share

Libur Panjang, Volume Kendaraan di Bogor Mulai Padat Siang Ini

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 14 Mei 2022 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 14 338 2594148 libur-panjang-volume-kendaraan-di-bogor-mulai-meningkat-siang-ini-Zl9MsP6cGM.jpg Volume kendaraan di Bogor mengalami peningkatan (Foto: Putra R)

BOGOR - Arus lalu lintas di Kota Bogor pada libur panjang Hari Raya Waisak siang ini terpantau mulai mengalami peningkatan volume kendaraan. Hal ini salah satunya disebabkan imbas dari oneway arah Jakarta yang sedang diberlakukan di Jalur Puncak.

"Ada sedikit peningkatan arus lalu lintas di wilayah Kota Bogor, terutama dari gerbang Tol Bogor. Sementara arus Puncak sedang di oneway, sehingga imbas yang mengarah ke Kota Bogor," kata Kanit Turjawali Satlantas Polresta Bogor Kota AKP Budi Suratman kepada MNC Portal, Sabtu (14/5/2022).

BACA JUGA:Libur Panjang, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Atasi Kemacetan di Bandung 

Karena itu, pihaknya tengah memberlakukan pengalihan arus terbatas dari arah Tol Bogor yang akan masuk ke Kota Bogor. Di mana, kendaraan dialihkan sementara sampai Simpang Ekalokasari.

"Diantisiapsi dari Gerbang Tol Bogor dialihkan ke timur sampai putaran Ekalokasari," tambahnya.

Kemudian, lanjut Budi, secara umum kendaraan yang melintas dari arah Ciawi yang masuk ke Kota Bogor masih ramai lancar. Termasuk juga di seputaran Sistem Satu Arah (SSA) atau Istana Bogor.

"Secara umum dari arah Ciawi sampai dengan Simpang Baranangsiang pukul 14.00 WIB arus lalin ramai lancar. Untuk seputaran Tugu Kujang atau sekitaran SSA Istana Bgor, dilaporkan juga arus lalin masih cukup lancar. Tetapi anggota di sekitar SSA tetap siaga mengantisipasi lonjakan-lonjakan sisa dr pada weekend di Kebun Raya," katanya.

Sementara itu, selama libur panjang Hari Raya Waisak ini terdapat beberapa titik ruas jalan menuju tempat wisata yang perlu diantisipasi terjadinya kepadatan. Yakni di seputaran SSA, kawasan Bogor Nirwana Residence (BNR), Ekalokasai dan Jalan Raya Tajur.

"Ada empat titik yang perlu diperhatikan yang perlu diantisipai apabila di hari Minggu banyak menggunakan jalur alternatif sehingga harus dipersiapkan lebih awal agar tidak terjadi kepadatan arus di seputaran Tajur," tuturnya.

BACA JUGA:Libur Panjang Akhir Pekan, Terminal Kalideres Mulai Dipadati Pemudik 

Di sisi lain, masyarakat diimbau untuk selalu mematuhi rambu lalu lintas dan arahan petugs di lapangan. Terutama ketika sedang diberlakukan rekayasa terbatas seperti pengalihan arus sementara.

"Patuhi rambu lalu lintas dan ikuti aturan petugas yang memberika arahan penunjuk arah sehingga masyarakat bisa memahami ada pengalihan atau rekayasa terbatas untuk memberika kenyamanan yang masuk wilayah Kota Bogor," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini