Share

651 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun Senen dan Gambir Selama Mudik Lebaran

Antara, · Minggu 15 Mei 2022 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 15 338 2594656 651-ribu-penumpang-berangkat-dari-stasiun-senen-dan-gambir-selama-mudik-lebaran-ld4XlVMELT.jpg Penumpang di Stasiun Gambir saat Libur Lebaran. (Foto: Antara)

JAKARTA - PT KAI (Kereta Api Indonesia) mencatat total 651.427 Penumpang telah berangkat dari stasiun Senen dan Gambir selama angkutan Idul Fitri 1443 Hijriah kemarin. Total 651 ribu penumpang tersebut diketahui dari akumulasi selama 22 hari keberangkatan yang berhasil melaksanakan perjalanan mudik selama lebaran. 

Demikian disampaikan Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangannya. Eva pun menyampaikan tercatat lebih dari seribu kereta api (KA) telah diberangkatkan guna menanggulangi ratusan ribu penumpang tersebut. 

"Sepanjang periode Angkutan Lebaran yakni mulai 22 April sampai dengan 13 Mei 2022, Daop 1 Jakarta mengoperasikan 1.383 KA dengan rata-rata perhari sebanyak 63 KA," ujar Eva, Minggu (15/5/2022). 

Sebelumnya, pada Jumat 13 Mei 2022, Eva Chairunisa mengatakan sebanyak 13 ribu pengguna berangkat dari Stasiun Gambir, atau 76 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia. Terdapat 35 Kereta Api (KA) yang beroperasi hari ini. 

 Baca juga: Libur Panjang! Cek Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh

"Sedangkan total 15.500 pengguna berangkat dari Stasiun Pasar Senen atau 72 persen dari total tempat duduk yang tersedia dengan layanan 29 KA yang beroperasi. Yang lainnya merupakan pengguna yang berangkat dari Stasiun Bekasi, Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek," katanya kepada wartawan.

Eva menambahkan, penumpang yang berangkat kebanyakan memilih kota tujuan antara lain; Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Solo, Kutoarjo, dan kota tujuan lainnya.

"Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Solo, Kutoarjo, Kebumen, Semarang, Tegal, Malang, Cirebon, dan Bandung," katanya menambahkan.

Eva mengingatkan kepada penumpang yang akan memesan tiket, untuk melihat jadwal ketersediaan jadwal dahulu, serta melakukan pemesanan melalui aplikasi KAI Access.

"Bagi calon penumpang yang baru akan memesan tiket, dapat melakukan pengecekan ketersediaan jadwal dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini