Share

Pemprov DKI Antisipasi PMK pada Hewan Ternak

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 17 Mei 2022 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 338 2595413 pemprov-dki-antisipasi-pmk-pada-hewan-ternak-Ta2F3oEk70.jpg Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto : Refi Sandi)

JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub() DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memerintahkan jajaran BUMD Dharma Jaya dan dinas terkait guna mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan, termasuk sapi. Ia menyebut, jika tidak diantisipasi, dapat berakibat pada harga daging sapi terlebih jelang Idul Adha.

"Itu jadi perhatian kita. Kita tahu, penyakit menular mulut dan kuku semakin meluas, semakin marak. Ini akan berdampak pada harga jual sapi khususnya menjelang Idul Adha ya," kata Ariza kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (17/5/2022).

Ia menyebut, jelang Idul Adha kebutuhan akan sapi meningkat diiringi dengan kenaikan harga daging.

"Sekarang ditambah lagi, ada PMK, penyakit mulut dan kuku. Makanya kami sudah minta kepada BUMD Dharma Jaya untuk segera melakukan langkah-langkah antisipasi," ucanya.

Ariza mengatakan, langkah antisipasi itu guna menjaga stabilitas harga sehingga dapat dijangkau masyarakat.

"Agar dapat sapi ya dengan kualitas yang baik jauh dari penyakit PMK, dan juga dengan harga yang masih terjangkau daya beli masyarakat. Dinas Kesehatan (Dinkes) Dinas Pertanian, Dinas Peternakan ya, juga sudah melakukan koordinasi," ucapnya.

Ariza menegaskan bahwa di Jakarta sendiri hingga kini belum ada laporan terkait adanya virus PMK. Namun, Ia berharap virus tersebut tetap tidak ada.

"Iya sampai hari ini kami belum ada laporan, mudah-mudahan tidak ada (virus PMK)," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini