Share

Penggunaan Masker Dilonggarkan, Wagub DKI: Transisi dari Pandemi ke Endemi

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 18 Mei 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 338 2596166 penggunaan-masker-dilonggarkan-wagub-dki-transisi-dari-pandemi-ke-endemi-nkAfcF4bVx.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (foto: dok MPI/Refi)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka rangkaian transisi dari Pandemi ke Endemi virus Covid-19.

"Terkait dengan pelonggaran masker yang sudah disampaikan Pemerintah Pusat Pak Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung yang mengumumkan, tentu kami senang dan bersyukur itu juga disampaikan pak menteri bahwa ini transisi dari pandemi ke endemi," kata Riza Patria kepada wartawan usai meninjau SMKN 24, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (18/5/2022).

"Jadi kami juga bersyukur sudah dimungkinkan untuk tidak menggunakan masker di ruang terbuka," imbuhnya.

 BACA JUGA:Penggunaan Masker Dilonggarkan, Ini Kata Epidemiolog

Ariza menekankan kepada lanjut usia (lansia), komorbid, dan yang sakit batuk pilek agar memakai masker dalam setiap kegiatan di luar maupun dalam ruangan.

"Bagi orang tua atau lansia, komorbid, masih sakit batuk pilek atau gejala lain tetap diminta disarankan menggunakan masker," ujarnya.

 BACA JUGA:Positivity Rate di Bawah 1, Walkot Tangsel Dukung Kebijakan Lepas Masker

Politisi Partai Gerindra itu juga meminta masyarakat agar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sekalipun ada pelonggaran di ruang terbuka.

"Kami minta tetap masyarakat melaksanakan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat jadi seklaipun diruang terbuka yang lebar yang luas kalopun tidak menggunakan masker kami minta juga tetap menjaga jarak dan mencuci tangan pakai air yang mengalir dengan sabun. Jadi sekali lagi mari kita biasakan hidup sehat bersih pola hidup sehat dan bersih," ucapnya.

Lebih lanjut, Ariza berencana memasukan aturan pelonggaran ke Peraturan Gubernur (Pergub) dan Keputusan Gubernur (Kepgub).

"Terkait pelonggaran akan diteruskan melalui Pergub dan Kepgub ke depan ya. Jadi sekali lagi kita bersyukur, senang, dan mendukung kebijakan yang sudah diambil oleh Pemerintah Pusat yang sudah disampaikan pak Presiden Jokowi ya," pungkasnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini