Share

Penggunaan Masker Dilonggarkan, Dinkes DKI Jakarta: Risikonya Lebih Kecil

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Kamis 19 Mei 2022 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 338 2596502 penggunaan-masker-dilonggarkan-dinkes-dki-jakarta-risikonya-lebih-kecil-LGnCa9a1lR.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan bahwa risiko tertular Covid-19 lebih kecil saat berada di luar ruangan. Hal itu merespon terkait pelonggaran penggunaan masker di ruangan terbuka.

"Prinsipnya kan di dalam ruangan dan luar, lebih kecil risikonya. Pada saat di luar ruangan, saat ada kerumunan kecil kan risikonya kecil," kata Dwi kepada wartawan usai rapat dengan Komisi E DPRD DKI, Rabu (18/5/2022).

Dwi menambahkan kebijakan tersebut tentu sudah berdasarkan pertimbangan semua ahli dan mengukur risiko dari pelonggaran penggunaan masker.

"Kebijakan yang dikeluarkan pasti Pemerintah Pusat sama Pak Presiden sudah mendengarkan semua ahli, dan mengukur juga risikonya," ujarnya.

Baca juga: MUI: Sholat Berjamaah Boleh Buka Masker Asalkan Kondisi Sehat

Dwi menyebut bahwa memang angka Covid-19 di Jakarta mengalami penurunan usai libur lebaran. Namun, Ia menekankan agar masyarakat tetap menggunakan masker di dalam ruangan dan terus beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Baca juga: Jokowi Bolehkan Lepas Masker di Outdoor, Satpol PP Tak Gelar Razia Mulai Hari ini

"Alhamdulillah saat ini covidnya sangat turun ya, dibanding beberapa bulan lalu, dan alhamdulillah juga kita sudah habis libur lebaran, 2 minggu, situasinya juga saat ini relatif masih baik, seperti sebelum lebaran. Jadi belum ada perubahan, perbedaan kasus. Mudah-mudahan kondisi ini bisa terus, jadi kita bisa bertahap untuk menerapkan adaptasi kebiasaan baru. Bentuk adaptasi kebiasaan barunya itu ya tadi, pakai masker kalau kerumunan, kalau di dalam ruangan. Saat ini ya, tentu ke depan akan dilihat lagi," tuturnya.

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini