Share

Kunjungi Mural Penanda Sister City di Berlin, Anies: Persahabatan yang Bukan Sekedar Seremonial

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Kamis 19 Mei 2022 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 338 2596511 kunjungi-mural-penanda-sister-city-di-berlin-anies-persahabatan-yang-bukan-sekedar-seremonial-w6Jm2nHxZ3.jpg Anies Baswedan kunjungi mural di Berlin (Foto: Instagram)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi mural penanda Sister City Jakarta-Berlin, Jerman. Ia menilai, mural bukan hanya sebuah persahabatan yang bukan sekedar seremonial.

"Di Jalan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta dan di Heidestraße, Berlin. Terpampang mural Penanda Sister City dua kota. Sebuah persahabatan yang bukan sekadar seremonial, tapi kita wujudkan menjadi kerja sama nyata antar dua kota. Ketika di Berlin sempat mengunjungi mural penanda persahabatan dua kota ini. Terletak di kawasan Heidestraße, jantung kota Berlin yang berjarak hanya 10 menit dari stasiun pusat, Berlin Hauptbahnhof," tulis Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan dikutip, Kamis (19/5/2022).

Anies menceritakan dari tempat inilah yang dulu menjadi saksi reunifikasi atau penyatuan kembali wilayah barat dan timur kota yang sempat terpisahkan oleh Tembok Berlin.

"Area ini dikenal sebagai 'Europacity', pusat bisnis yang dipenuhi gedung bercitarasa seni arsitektur tinggi serta ramah lingkungan," ucapnya.

Baca juga: Nama Sekda DKI Marullah Matali Mencuat Jadi Pj Gubernur DKI Gantikan Anies

"Kini di Europacity ini pula, karya seni mural mempertemukan dua seniman terbaik dari timur danbarat, @Darbotz dan @Snyder_Berlin. Lukisan mural Darbotz menceritakan refleksinya terhadap keberagaman para penduduk Jakarta dalam menjalani kehidupan di ibukota, sedangkan karya Snyder menggambarkan maskot kota Berlin serta lansekap urban yang dinamis serta kaya," imbuhnya.

Baca juga: Anies Baswedan Bicarakan Kolaborasi Jakarta Future City Hub setelah Disambut Hangat Walikota Berlin

Lebih lanjut, Anies mengajak masyarakat untuk melihat mural persahabatan serupa di Terowongan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Sebab, di tempat itu menjadi titik temu berbagai moda transportasi ke kawasan bisnis Kota Jakarta.

"Teman-teman dapat melihat mural persahabatan ini di Terowongan Kendal, kawasan pusat bisnis kota Jakarta yang menjadi titik temu berbagai moda transportasi publik serta ramah pejalan kaki. Ke depan kita optimis melalui kolaborasi dengan berbagai kota besar dunia semakin menguatkan langkah Jakarta sebagai kota bisnis berskala global," tuturnya.

Baca juga: Buang Waktu? Ini untuk Masa Depan Jakarta!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini