Share

Kapasitas KRL Jabodetabek Kini 80 Persen, 7.200 Penumpang Padati Stasiun Tangerang

Nandha Aprilia, MNC Media · Kamis 19 Mei 2022 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 338 2596853 kapasitas-krl-jabodetabek-kini-80-persen-7-200-penumpang-padati-stasiun-tangerang-rAwORKzMWA.jpg Penumpang KRL. (Foto: Nandha A)

TANGERANG - Penerapan kapasitas penumpang kereta rel listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek sebanyak 80% sudah memasuki hari kedua. Stasiun Tangerang dipadati sekitar 7.200 penumpang hari ini, Kamis (19/5/2022).

Sebagaimana diketahui, aturan ini tercantum dalam aturan baru dari pemerintah sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 57 Tahun 2022. 

Dalam pantauan MNC Portal di kereta dari Stasiun Tangerang menuju Stasiun Duri sekira pukul 15.30 WIB, situasi terpantau ramai oleh penumpang.

Terlihat kursi panjang terisi penuh oleh penumpang sebanyak 6-7 penumpang. Sedangkan kursi prioritas juga terisi penuh yakni diisi oleh 3 penumpang yang rata-rata semua masih menggunakan maskernya.

Baca juga: Mobil Tertabrak KRL Bikin Perjalanan Penumpang Terganggu, KCI Minta Maaf

Di sisi lain, terkait jumlah penumpang hari ini, Kepala Stasiun Tangerang, Eka Gusti Fadli menjelaskan jumlah penumpang ini merupakan kenaikan yang terjadi pada hari ini.

“Untuk kenaikan penumpang hari ini terpantau 7.200 penumpang. Itu terpantau dari jam 04.30 - 11.30 WIB. Kalau di hari sebelumnya memang angka penumpang hanya sampai 6.000 saja,” ujarnya kepada MNC Portal, Kamis (19/5/2022). 

Eka sendiri menuturkan tidak mengetahui pasti penyebab terjadinya kenaikan penumpang pada hari ini. 

“Ini kenaikan entah karena masyarakat sudah pada tau ada aturan baru dari kapasitas ini atau bagaimana, saya juga tidak tahu,” jelasnya. 

Dijelaskannya dari aturan kapasitas 80 persen ini, jumlah penumpang pergerbong atau perkereta juga mengalami kenaikan.

Diakuinya jika sebelumnya pergerbong hanya 110 penumpang, kini bisa mencapai 460 penumpang. Selanjutnya dia menuturkan bahwa di Stasiun Tangerang sendiri masih ikut turut mengimbau terkait penerapan masker. Terlebih, saat ini sudah ada imbauan Presiden Joko Widodo terkait pelepasan masker di ruang terbuka.

“Kalau untuk penerapan masker kan itu juga sudah ada imbauan dari pak Presiden. Di Stasiun Tangerang sendiri saat ini ya paling juga masih mengimbau untuk yang memakai masker kain misalnya, harusnya tiga lapis dan pakai masker medis,” tandasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini