Share

Hujan Disertai Angin Kencang, Pohon Berusia Puluhan Tahun Tumbang di Jaktim

Muhammad Farhan, MNC Portal · Kamis 19 Mei 2022 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 338 2596887 hujan-disertai-angin-kencang-pohon-berusia-puluhan-tahun-tumbang-di-jaktim-W7zEbYfc8v.jpg Pohon tumbang di Jaktim (foto: MPI/Farhan)

JAKARTA - Hujan beserta angin kencang menimpa ibu kota kembali, kali ini imbasnya mengakibatkan sebuah pohon alpukat besar berusia puluhan tahun tumbang di Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Berdasarkan keterangan warga, lokasi tumbangnya pohon itu terjadi di Jalan Gotong Royong RT 01/02 Pondok Bambu, Duren Sawit Jakarta Timur sekira pukul 13.58 WIB.

Salah satu warga yang menjadi saksi, Amel (35) mengatakan, pohon tersebut tumbang lantaran saat hujan siang tadi, angin ribut menerpa begitu kencang. Sontak, Amel mendengar suara pohon Alpukat setinggi 15 meter tersebut bergemeretak keras.

"Pas saya masuk ke warung (berada di dekat pohon), terdengar bunyi kretek kretek terus saya keluar pas banget depan warung saya jatuh itu pohon," ujar Amel kepada wartawan, Kamis (19/5/2022).

 BACA JUGA:Puting Beliung Terjang Depok, 81 Rumah Rusak dan 9 Pohon Tumbang

Posisi pohon yang tumbang tersebut berada di dekat warung kopi yang Amel miliki. Nahasnya, dua orang pelanggannya tertimpa pohon yang tumbang tersebut.

"Kebetulan saat pohon tumbang, ada orang lagi ngopi di warung saya. Satu orang itu kena kakinya hingga berdarah sedangkan yang satu lagi ketiban tembok imbas pohonnya. Alhamdulillah, mereka hanya luka ringan saja," tutur Amel.

 BACA JUGA:Pohon Tumbang Timpa 2 Kendaraan di Jalur Garut-Tasik, 5 Terluka

Pohon tumbang tersebut berada di tengah kompleks pemakaman warga sekitar, yang tepat di belakang warung kopi milik Amel. Pohon yang tumbang tersebut tercabut hingga ke akar sehingga merusak salah satu dari tujuh makam yang ada.

Selain itu, Amel juga menyampaikan pohon tersebut hampir menimpa toko penjual pulsa dan warung sembako di seberang warung kopi miliknya. Akan tetapi lantaran ada kabel di atasnya, pohon tersebut tidak sampai menghancurkan kedua toko di depannya.

"Pohon alpukat yang tumbang itu sudah lama umurnya, kira-kira dari saya kecil, ada 35 tahunan umurnya. Tumbangnya pohon itu hampir merusak counter pulsa dan warung sembako yang kecil kena," ujarnya.

Saat di lokasi, MNC Portal memantau sejumlah petugas Suku Dinas Gulkarmat Duren Sawit beserta petugas prasarana dan saran umum (PPSU) sedang mengevakuasi pohon tumbang tersebut. Proses evakuasi pohon terpantau dilakukan sekira pukul 15.58 WIB

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini