Share

Polisi Selidiki Server Peneror Bom Kedubes Belarusia di Jakarta

Ari Sandita Murti, Sindonews · Kamis 19 Mei 2022 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 338 2597012 polisi-selidiki-server-peneror-bom-kedubes-belarusia-di-jakarta-mwdk1yu8C2.jpg Illustrasi (foto: freepick)

JAKARTA - Pihak kepolisian masih mendalami pengirim ancaman bom melalui email pada Kedubes Belarusia di Indonesia. Sejauh ini, belum dipastikan apakah pengirim tersebut berada di Indonesia, Rusia, ataukah lainnya.

"Nanti sedang kita lakukan pendalaman, tentunya digital seperti itu kan tentu ada jejaknya ya, nanti akan kita urut dari mana servernya, pengirimnya dari mana, pasti akan kita cari itu ya," ujar Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Budhi Herdi Susianto pada wartawan, Kamis (19/5/2022).

 BACA JUGA:Sempat Dapat Ancaman, Polisi Pastikan Tidak ada Bom di Kedubes Belarusia

Menurutnya, meski pelaku pengancaman itu menggunakan bahasa Rusia saat mengirimkan ancamannya tersebut melalui email, polisi belum bisa memastikan apakah dia mengirimnya dari Indonesia, Rusia, ataukah negara lainnya. Pasalnya, hingga saat ini polisi tengah mendalami kasus tersebut.

"Ancaman ini merupakan proses pidana sehingga ini juga kita lakukan pendalaman dan penyelidikan terhadap proses ini," tuturnya.

 BACA JUGA:Polda Metro Buru Pelaku Teror Bom Kedubes Belarusia di Jakarta

Dia menambahkan, dalam menanggapi laporan ancaman bom sebagaimana yang dialami Kedubes Belarusi, langkah pertama yang dilakukan polisi membuat langkah mitigasi agar jangan sampai benar-benar terjadi ledakan. Maka itu, saat ada ancaman polisi melakukan pemeriksaan melalui tim gegana, dilakukan pengecekan sesuai SOP dan mengamankan lingkungan agar tak ada korban.

"Dan hasil dari pemeriksaan yang dilakukan tim jibom gegana kita, memang tidak adanya bom sebagaimana ancaman yang disampaikan kepada kedutaan besar tersebut sehingga tim kembali. Meski begitu kita tetap melakukan pendalaman (pada si pengancam)," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini