Share

Pekan Depan Korban Kebakaran Permukiman di Pasar Gembrong Pindah ke Rusun

Muhammad Farhan, MNC Portal · Kamis 19 Mei 2022 22:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 338 2597066 pekan-depan-korban-kebakaran-permukiman-di-pasar-gembrong-pindah-ke-rusun-D6s277xfAN.jpg Kebakaran permukiman di kawasan Pasar Gembrong (Foto: MPI/Damkar)

JAKARTA - Mulai Senin pekan depan, 23 Mei 2022, warga korban kebakaran kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur akan dipindahkan ke Rumah Susun (Rusun) Cipinang Besar Utara. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Fredy Setiawan melalui keterangan tertulisnya.

Fredy mengonfirmasi pemindahan pengungsi tersebut yang rencananya dilakukan pada Senin depan. Sebelum dilakukan pemindahan, Fredy mengatakan saat ini warga korban kebakaran masih didata terlebih dahulu guna mendapatkan sosialisasi pemindahan.

"Para pengungsi yang telah terdata akan dijemput dan diantarkan ke Rusun Cipinang Besar Utara. Pada Senin nanti, kami juga undang korban yang terdampak, kemudian didata oleh Bu Lurah untuk dilakukan sosialisasi di rusun langsung," ujar Fredy, Kamis (19/5/2022).

Sebelum melakukan pemindahan, Fredy juga mengungkapkan untuk melakukan kerja bakti di rusun Cipinang Besar Utara pada Sabtu lusa (21/5/2022). Menurutnya, warga korban kebakaran akan tinggal di rusun tersebut selama tiga bulan.

"Pengungsi korban kebakaran menempati rusun untuk sementara selama tiga bulan," kata Fredy.

Ketua RW 001 Cipinang Besar Utara, Saiman Hutabarat menyampaikan terdapat sekitar 730 jiwa korban kebakaran yang akan dipindahkan ke Rusun Cipinang Besar Utara. Saiman mengungkapkan pemindahan harus dilakukan agar mempercepat revitalisasi rumah tinggal yang telah luluh lantak karena si jago merah.

"Keluarganya 235, jiwanya 730. Ini data sementara yang kami terima untuk dipindahkan ke rusun. (Data) masih bisa berubah. Tetapi belum tahu kapan pindahnya," kata Saiman.

Di sisi lain, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar menjelaskan bahwa pemerimtah kota Jakarta Timur akan memindahkan pengungsi kebakaran Pasar Gembrong ke Rusun Cipinang Besar Utara untuk sementara. Anwar menyampaikan Hal tersebut dalam rapat di Ruang Pola Kantor Wali Kota pada Selasa kemarin (10/5/2022).

"Pengungsi ada 200 (jiwa). Saya sampaikan ke teman-teman, tidak bisa selamanya di tanah seperti itu (lahan terbuka yang dijadikan tempat pengungsian). Enggak manusiawi. Kami punya rumah susun di CBU baru dibangun,” tutur Anwar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini