Share

HUT Ke-540 Bogor, Helaran Budaya Akan Digelar di Alun-Alun

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Minggu 22 Mei 2022 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 338 2598106 hut-ke-540-bogor-helaran-budaya-akan-digelar-di-alun-alun-SPZ4TtThXm.jpg Wali Kota Bogor Bima Arya (Foto: Putra R)

BOGOR - Pemerintah Kota Bogor berencana menggelar kembali helaran budaya dalam peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-540 pada 3 Juni 2022. Helaran itu akan dipusatkan di Alun-Alun Kota Bogor.

"Setelah 2 tahun vakum, tanggal 3 Juni kita akan melihat suguhan atraksi sanggar-sanggar di Kota Bogor. HJB kita pusatkan di Alun-Alun Kota Bogor Insya Allah," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto kepada wartawan, Sabtu (21/5/2022).

BACA JUGA:Hujan Deras di Bogor, Satu Keluarga Tertimbun Longsor, 1 Tewas, 3 Masih Pencarian 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Atep Budiman mengatakan kepanitiaan HJB sudah terbentuk. Dalam perayaannya nanti, sedianya acara masih akan menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.

"Saya bertanggung jawab di beberapa event kegiatan acara helaran. Di Alun-Alun pawai cuman skalanya tidak terlalu besar seperti yang sudah-sudah. Waktu terbatas, suasananya kan transisi pandemi menuju endemi. Walaupun statistiknya sudah bagus, tapi kita akan mulai lagi geliatnya. Roundownya sudah dibahas yang pasti tanggal 3 Juni 2022," ucap Atep.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan puncak HJB yakni mulai dari rapat paripurna, pameran dan helaran di Alun-Alun Kota Bogor. Setelah itu, rangkaian kegiatan masih berlanjut hingga beberapa hari ke depan setelah puncak peringatan HJB.

"Perwakilan dari Jogja juga ada. Nanti pak Wali mau ada penampilan ludruk jawa beserta komunitas Jogja di Jabodetabek. Wali kota ingin mereka ikut andil dalam memeriahkan. Sementara ini baru dari Jogja. Tapi, kalau kegiatan ada sih rencana lain. Cuma ini yang digagas dari budayawan. Mereka ingin pawai kirab pusaka, kerajaan nusantara. Skema kegiatannya kan kompleks mengundang banyak orang, mereka berkonsolidasi menyiapkan semuanya," ungkapnya.

BACA JUGA:Dua Motor Adu Banteng di Bogor, Seorang Pelajar Tewas 

Termasuk juga ritual membersihkan Tugu Kujang. Yang pasti, semua elemen masyarakat Kota Bogor akan turun dalam memeriahkan peringatan HJB ini.

"Masyarakat Bogor turun semua. Karena HJB. Semua komunitas sudah kolekting dan festival kampung wisata. Ada beberapa yang sudah dikolekting, kita sudah kolekting calender of event," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini