Share

Anies: Infrastruktur Jakarta Bermanfaat bagi Warga Dunia

Andika Shaputra, Okezone · Senin 23 Mei 2022 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 338 2598911 anies-infrastruktur-jakarta-bermanfaat-bagi-warga-dunia-AIpjMqZcHA.jpg Anies Baswedan/Foto: @aniesbaswedan

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri undangan dari Kris Peeters, Vice-President European Investment Bank (EIB), di kantor pusat EIB Luxembourg.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda kunjungan mantan Mendikbud itu ke Eropa beberapa waktu lalu.

(Baca juga: Melayat di Pemakaman Fahmi Idris, Anies: Kita Bersaksi Beliau Pribadi Baik)

“Sebagai pusat aktivitas dan ekonomi nasional, Jakarta memiliki tugas besar untuk menjaga keberlangsungan pembangunan infrastruktur yang krusial bagi masyarakat, seperti transportasi, pengolahan sampah, ruang ketiga, maupun penyediaan air bersih,”ujar Anies dikutip dari Instagramnya, Senin (23/5/2022).

Hadirnya infrastruktur kelas dunia dan pelayanan kota yang profesional tidak hanya menjadi manfaat bagi warga Jakarta, tetapi seluruh warga Indonesia serta dunia yang sedang melakukan aktivitas di Jakarta.

Luxembourg, negara kota di tengah Benua Eropa, tempat kantor pusat EIB, merupakan salah satu rumah bagi lebih dari 100 bank dan jasa keuangan dengan asset ratusan miliar euro.

“EIB memiliki fokus untuk menyalurkan investasi pada sektor pembangunan berkelanjutan yang pada 2030 ditargetkan mampu memobilisasi sumber daya sampai 1 triliun euro untuk aksi iklim di dunia, termasuk di Indonesia,” kata Anies.

“Karena itulah kami hadir memenuhi udangan dari Kris Peeters, Vice-President EIB, di kantor pusat EIB di Luxembourg,” imbuh Anies.

Melalui diskusi dengan salah satu Lembaga pembiayaan multilateral terbesar di dunia, Anies berharap hal ini dapat mengakselerasi penyelenggaraan infrastruktur kritikal Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyampaikan visi Jakarta terkait transportasi, pembangunan yang berkeadilan, dan aksi dalam menangani krisis iklim.

“Kita di Jakarta pilih untuk ikut ambil tanggung-jawab, untuk bekerja bersama seluruh umat manusia demi menyelamatkan planet bumi dengan kebijakan dan langkah konkret untuk mengurangin efek rumah kaca, salah satunya lewat pembangunan transportasi umum ramah lingkungan,” ujar Anies.

Anies percaya bahwa visi kota yang tegas dan jelas, manajemen professional, dan komitmen pemerintahan serta masyarakat kota yang tinggi, selalu menjadi kunci dalam meyakinkan pihak-pihak untuk membiayai dan mewujudkan pembangunan infrastruktur utama kota.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini