Share

Bakal Jadi Kampung Warna-warni, Revitalisasi Permukiman Pasar Gembrong Tuntas September

Muhammad Farhan, MNC Portal · Senin 23 Mei 2022 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 338 2599010 bakal-jadi-kampung-warna-warni-revitalisasi-permukiman-pasar-gembrong-tuntas-september-s5hyKxu8Pz.jpg Kebakaran di kawasan Pasar Gembrong (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Permukiman warga korban kebakaran Pasar Gembrong di RW 001 Cipinang Besar Utara (CBU), Jatinegara, Jakarta Timur akan direvitalisasi. Revitalisasi yang dikerjakan Pemerintah Kota Jakarta Timur bekerja sama dengan Bazis Baznas DKI Jakarta ditargetkan selesai September nanti.

Demikian disampaikan oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Timur Achmad Salahuddin saat ditemui di lokasi sosialisasi pemindahan warga RW 01 Pasar Gembrong ke rumah susun CBU. Salahudin mengatakan proses revitalisasi akan dikerjakan mulai awal Juni 2022.

"Target September (2022) sudah kelar, kami berharap. Berarti Juni mulai (revitalisasi)," ujar Salahuddin kepada wartawan, Senin (23/5/2022).

BACA JUGA:Korban Kebakaran Pasar Gembrong Diperbolehkan Pindah ke Rusun CBU Mulai Senin 

Salahuddin mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mengukur lahan dan menyiapkan desain revitalisasi permukiman. Menurutnya, proses pengukuran dilakukan selama dua hari.

"Kami kasih waktu dua hari untuk menyelesaikan pekerjaan pengukuran, nanti dilanjutkan dengan desain," kata Salahuddin.

Rencana revitalisasi, menurut Pelaksana Tugas (Plt) Camat Jatinegara, Rudy Syahrul mengungkapkan permukiman warga korban kebakaran Pasar Gembong akan dibentuk mirip dengan konsep kampung warna-warni.

"Rencananya begitu (kampung warna-warni). Konsepnya akan warna-warni seperti konsep yang di Kwitang, Jakarta Pusat, (seperti) kebakaran di Kwitang," ucap Rudy.

BACA JUGA:Pemkot Jaktim Kirim 220 Kasur bagi Korban Kebakaran di Pasar Gembrong 

Menurut Rudy, konsep kampung warna-warni ini masih dibahas guna pematangan konsepnya. Terlebih, konsep tersebut masih menunggu persetujuan Wali Kota dan Gubernur DKI.

"Nanti kalau sudah dicanangkan oleh Pak Wali Kota (Jakarta Timur) atau Pak Gubernur (DKI Jakarta) baru bisa disampaikan," kata Rudy.

Di sisi lain, Wakil Camat Jatinegara, Endang Kartika menjelaskan relokasi warga secara sementara sudah dapat dilakukan ke rusun CBU terhitung hari Senin ini. Akan tetapi, Endang menekankan keputusan pindah atau tidaknya dikembalikan kepada warga RW 01 tersebut.

"Jika warga sudah siap hari ini, maka hari ini juga akan kami selesaikan. Karena kan barang-barangnya tidak terlalu banyak seperti orang pindah rumah, kan barang mereka juga sudah habis, hanya sementara saja," ujar Endang kepada wartawan, Senin (23/5/2022).

Selain itu, Endang menjelaskan untuk sosialisasi hari ini memastikan warga untuk melakukan pemindahan. Terkait pemindahan barang milik warga, Endang menyatakan telah disediakan truk dan bus sekolah.

"Bagi warga yang sudah menandatangani surat perjanjiannya, sudah bisa segera masuk ke rusun dan bisa segera mengambil barang-barangnya. untuk pengambilan barangnya, kami sudah siapkan truk dan bis sekolah untuk pemindahan barangnya," kata Endang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini