Share

3 Anggota Geng Motor Bersajam Ditangkap Usai Konvoi di Johar Baru

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 24 Mei 2022 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 338 2599690 3-anggota-geng-motor-bersajam-ditangkap-usai-konvoi-di-johar-baru-6fYedx1aLD.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E. Zulpan saat jumpa pers geng motor (foto: MNC Portal)

JAKARTA - Sejumlah anggota geng motor yang viral melakukan aksi konvoi dengan membawa senjata tajam di wilayah Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat pada Senin 23 Mei 2022 ditangkap polisi, sejumlah benda tajam pun disita dalam penggerebekan.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan mengatakan, aksi konvoi tersebut dilakukan oleh para anggota geng motor yang diupload dalam akun tiktok Jakarta Misteri pada Selasa 17 Mei 2022 lalu sekira pukul 02.00 WIB dini hari.

"Jadi mereka konvoi di Jalan Letjend Suprapto, Galur, Jakarta Pusat. Dan dari hal tersebut penyidik berhasil mengamankan salah satu anggota berinisial NR (21) yang memiliki peran sebagai admin tiktok geng motor Jakarta Misteri," kata Zulpan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Selasa (24/5/2022).

 BACA JUGA:Viral Geng Motor Tenteng Sajam Lintasi Johar Baru Jakpus

Zulpan menuturkan, pengungkapan kasus ini bermula dari adanya video viral di media sosial Instagram geng motor Jakarta Misteri, yang pada saat itu dengan jumlah anggota sekitar 15 orang tengah melakukan konvoi dengan membawa senjata tajam. Akhirnya tim penyidik dari Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, melakukan patroli siber dan berhasil membekuk NR.

"Jadi para pelaku ini konvoi untuk mencari lawan tawuran secara acak dengan mengunggah video ke media sosial. Tentu karena hal ini sangat membahayakan, sebab mereka mencari lawan secara acak, maka penyidik Subdit Resmob Polda Metro melakukan patroli siber dan menangkap sejumlah pelaku termasuk NR," ujar dia.

 BACA JUGA:Polisi Amankan 34 Anggota Geng Motor di Indramayu, 19 Orang Positif Narkoba

"Jadi ada 3 yang saat ini berhasil kami tangkap, yakni NR dan dua lainnya tidak bisa dihadirkan karena masih di bawah umur. Sedangkan pelaku lainnya saat ini masih dalam pengejaran Kepolisian," sambung Zulpan.

Perwira menengah Polri itu melanjutkan, setelah dilakukan penyelidikan intensif, terungkap fakta baru yang menyatakan bahwa NR ini bukan hanya berperan sebagai admin media sosial geng motor Jakarta Misteri, namun juga merupakan pendiri geng motor tersebut.

"Berdasarkan hasil penyelidikan, didapatkan bahwa NR ini merupakan pendiri geng motor Jakarta Misteri. Serta pelaku NR ini juga lah yang saat itu membawa senjata tajam pada saat konvoi tersebut dilakukan," ungkapnya.

Dari penangkapan ini, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti senjata tajam berbagai jenis di antaranya 1 bilah celurit bergagang hitam, 1 bilah gergaji, kemudian 1 bilah celurit warna hitam, 1 bilah lagi berwarna cokelat, dan 1 bilah celurit berwarna emas bergagang hitam.

"Para pelaku mengaku kerap melakukan konvoi ke wilayah lain, seperti ke Tangerang. Namun, pada saat konvoi di Johar Baru itu mereka belum sempat bertemu musuhnya, jadi tidak sempat terjadi keributan," jelasnya.

Akibat perbuatannya, terang Zulpan, penyidik telah menetapkan NR sebagai tersangka dengan persangkaan Pasal 2 Ayat (1) Undang-Undang (UU) Darurat RI Nomor 13 Tahun 195 atas dugaan membawa senjata penikam atau penusuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini