Share

Sapi Terinfeksi PMK Masuk Tangerang, Pemkab Buat Pos Pemeriksaan Kendaraan Pengantar Hewan Ternak

Isty Maulidya, Okezone · Sabtu 28 Mei 2022 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 28 338 2601761 sapi-terinfeksi-pmk-masuk-tangerang-pemkab-buat-pos-pemeriksaan-kendaraan-pengantar-hewan-ternak-X2vt7oaYvB.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

TANGERANG - Sebanyak 5 sapi yang diduga terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK) masuk ke wilayah Kabupaten Tangerang diketahui berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah.

Menindak lanjuti temuan tersebut, maka pihak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang memperketat pengawasan perlintasan kendaraan pengantar hewan ternak.

Ada delapan titik pemeriksaan yang telah disiapkan untuk memeriksa lebih awal kondisi hewan yang akan masuk.

"Saat ini kita akan melakukan pengawasan atau monitoring terhadap pengiriman hewan ternak dari daerah PMK. Jadi kita sudah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan Dishub untuk membangun delapan titik cek poin," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika pada Sabtu (28/5/2022).

Delapan titik pengawasan kendaraan pengantar hewan ini akan didirikan di perbatasan jalan Tangerang-Bogor, Tangerang-Rangkasbitung, Legok, Jayanti, Serang dan pintu keluar gerbang Tol Bitung serta titik-titik lainnya. Petugas akan melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen kesehatan hewan yang di keluarkan oleh pemerintah asal daerah tersebut.

"Nanti hewan ternak yang masuk akan diperiksa kelengkapan dokumen kesehatannya. Namun jika tidak ada kelengkapan itu maka petugas akan memutar balikan kendaraan itu ke daerah asalnya," lanjutnya.

Tak hany itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang juga telah melakukan pemeriksaan terhadap seluruh tempat peternakan yang ada di wilayahnya. Tercatat ada 530 lokasi ternak dengan total hewan 5.546 ekor yang telah diperiksa. Hasil pemeriksaan menunjukkan tidak adanya hewan yang tertular penyakit tersebut.

"Dari data per tanggal 23 Mei, untuk hewan ternak milik petani atau pun ternak di Kabupaten Tangerang belum ada penemuan kasus PMK, masih aman. Hanya saja saat ini penemuan itu dari luar daerah," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini