Share

Waspada! Potensi Banjir Rob di Pesisir Utara Jakarta hingga 3 Juni

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Senin 30 Mei 2022 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 338 2602746 waspada-potensi-banjir-rob-di-pesisir-utara-jakarta-hingga-3-juni-bDTdsqBOKO.jpg Ilustrasi banjir rob (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan imbauan agar waspada banjir rob di pesisir Utara Jakarta periode 29 Mei hingga 3 Juni mendatang.

"Berdasarkan Siaran Pers BMKG Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (ROB) tanggal 29 Mei sampai dengan 03 Juni 2022, adanya informasi pasang air laut yang bersamaan dengan peningkatan kecepatan angin yang berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum," tulis laman Instagram @bpbddkijakarta, Senin (30/5/2022).

"Potensi cuaca signifikan dan tren penurunan tinggi muka air tanah juga dapat memengaruhi dampak banjir pesisir. Masyarakat diimbau agar dapat mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut," imbuhnya.

BACA JUGA:Atasi Banjir Rob, Pekalongan Butuh Dana Rp3 Triliun 

Untuk wilayah pesisir DKI Jakarta meliputi Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir pada pukul 19.00-24.00 WIB.

BPBD menambahkan agar masyarakat pesisir Jakarta memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

BACA JUGA:Waspada! 15 Wilayah Pesisir Indonesia Berpotensi Banjir Rob 

Lebih lanjut, BPBD juga mengimbau agar masyarakat waspada dan siaga dengan segala potensi. "Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG melalui: Call Center BMKG Maritim Tanjung Priok: 0813 1676 0711," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini