Share

Kapolda Fadil Imran Terjunkan Tim Khusus Usut Konvoi Motor Bawa Bendera Khilafah

Erfan Maaruf, iNews · Kamis 02 Juni 2022 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 338 2604390 kapolda-fadil-imran-terjunkan-tim-khusus-usut-konvoi-motor-bawa-bendera-khilafah-Brwee0MmN7.jpg Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran (Foto: Jonathan Simanjuntak)

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memerintahkan anak buahnya untuk membentuk tim khusus untuk mengusut aksi konvoi rombongan pemotor dengan membawa atribut khilafah yang dilakukan oleh kelompok Khilafatul Muslimin di Jakarta Timur.

"Polda Metro Jaya atas perintah Kapolda telah membentuk tim khusus terkait kasus ini," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, Kamis (2/6/2022).

Dia menyebut, pembentukan tim khusus tersebut dilakukan karena Fadil menilai kegiatan konvoi tersebut merupakan upaya merubah ideologi negara Indonesia dari Pancasila menjadi khilafah. Zulpan menyebut bahwa upaya mengubah ideologi khilafah merupakan pelanggaran terhadap UUD 1945.

"Kegiatan yang berupaya mencoba mengubah ideologi bangsa dari pancasila menjadi ideologi tertentu adalah pelanggaran berat," jelasnya.

Baca juga: Kapolda Metro Pertama Kalinya Melantik 28 Kapolsek, 8 Orang Adalah Srikandi Tangguh

Tim tersebut saat ini telah bergerak untuk melakukan penyelidikan terkait dengan kegiatan yang dilakukan oleh kelompok khilafah muslimin.

Baca juga: Ada Konvoi Khilafah di Jaktim, Ini Kata BNPT

Polisi menyebut telah memiliki data terkait orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Saat ini tim akan melakukan pemeriksaan dan pendalaman.

"Kemudian sikap Polda Metro tentunya terkait dalam hal ini adalah apabila ditemukan nantinya adanya unsur pidana dalam kegiatan ini tentu akan melakukan penegakan hukum secara tegas," jelasnya.

Baca juga: Respons Mahfud MD Terkait Viral Video Massa Tawarkan Penerapan Khilafah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini