Share

Viral Galon Isi Ulang Mengandung Zat Berbahaya, Cek Faktanya

Zahra Larasati , Okezone · Kamis 02 Juni 2022 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 338 2604445 viral-galon-isi-ulang-mengandung-zat-berbahaya-cek-faktanya-bD2yuYD6Vi.jpeg Ilustrasi galon air/MPI/ist

JAKARTA – Jagat media sosial dihebohkan dengan postingan tentang air kemasan galon isi ulang yang mengandung zat berbahaya sehingga menjadi viral di Twitter.

(Baca juga: Heboh! Video 3 Orang Pencuri Dimutilasi Warga di Sidomulyo, Begini Faktanya)

Seperti postingan dari akun @negativis*** yang mengunggah sebuah foto kemasan bertuliskan BPA Free V1-8 dengan kode nomer 5 bertuliskan Classic V2 28 oz serta mengklaim bahwa ini adalah foto produk air kemasan yang bebas BPA.

“Kapan ya kemasan minuman di negara kita ada label BPA Free kaya begini? Di negara lain dah diberlakukan, karena BPA ini bahaya bagi kesehatan,” tulis akun @negativis*** dikutip, Kamis (2/6/2022).

ist

Twit ini juga di retweet oleh beberapa akun buzzer yang seringkali menyerang produk air kemasan galon guna ulang seperti wagim** dan @hok** dan @hab***

Netzien lalu mencoba memverifikasi tweet ini dan menemukan bahwa foto tersebut adalah potongan gambar botol tumbler (termos) minuman berukuran kurang dari 1 liter, dan bukan foto produk minuman kemasan galon yang dikatakan.

Dari pencarian yang dilakukan, ternyata gambar bebertuliskan Classic V2 28 oz ini bukan kemasan air minum namun botol termos yang memiliki kode nomor 5. sedangkan galon guna ulang yang berbahan PC memiliki kode nomor 7.

Pegiat Literasi yang juga Co-founder REDAXI (Indonesian Antihoax Education Volunteers), Astari Yanuarti mengatakan, serangan negatif ini menggiring ke perang opini di twitter atau twitwar, pemilihan topik yang disengaja untuk menyampaikan pesan terselubung.

“Twitwar bisa berulang, terutama jika topiknya memang sengaja diciptakan seperti topik galon BPA ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, karakter penyebaran hoaks adalah daur ulang isu yang serupa. Yang berarti, hoaks yang sudah disebarkan akan naik lagi di masa yang akan datang.

“Pola ini juga terjadi pada hoaks terkait bahaya BPA pada balita, ibu hamil, dan menyusui. Hoaks yang sudah tersebar sejak beberapa tahun lalu dan sudah diklarifikasi oleh berbagai pihak yang berwenang seperti Badan POM dan para dokter,”ungkapnya.

“Namun sampai hari ini masih diedarkan oleh berbagai pihak di media sosial. Bahkan hoaks ini masih dipercaya oleh sebagian pihak sehingga tidak heran jika sampai hari ini masih beredar,”tutup Astari.

Mengetahui tweet ini adalah hoaks, warganet beramai-ramai menghujat akun ini.

Pengguna akun si el @ddggm*** membalas akun si buzzer dengan menunjukkan bahwa foto yang diunggah itu bukan kemasan minuman seraya meminta si buzzer untuk melakukan search melalui google.

Follow Berita Okezone di Google News

“Yang bener gelas bang bukan kemasan. Mirip2 sama taperwer bang,” balasnya.

Bahkan akun danu @cho** langsung menduga buzzer itu sengaja untuk menjatuhkan galon guna ulang. “Min, kok namanya disebut disini. Buzzer galon ya?” tulisnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini