Share

Cerita Anies di Balik Drama Balap Formula E Jakarta Nyaris Batal

Nandha Aprilia, MNC Media · Jum'at 03 Juni 2022 01:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 338 2604684 cerita-anies-di-balik-drama-balap-formula-e-jakarta-nyaris-batal-54EjVxPESd.jpg Anies cerita tentang drama Formula E Jakarta nyaris batal digelar (Foto: MPI)

JAKARTA - Gubernur DKI Anies Baswedan mengungkap salah satu momen dramatis saat Jakarta nyaris batal menjadi tuan rumah balap Formula E atau E-Prix. Anies menuturkan, dirinya pernah terlibat perbincangan panjang melalui telepon dengan Chief Competition Officer E-Prix Alberto Longo.

Perbincangan didominasi perdebatan seputar jadi tidaknya Jakarta menggelar balap Formula E.

"Saya ingat saat itu Alberto sedang berada di lapangan sepak bola bersama putranya. Dan obrolan kami benar-benar menentukan lanjut tidaknya balapan ini di Jakarta," beber Anies di Balai Kota, Kamis (2/6/2022).

Alberto yang berada di samping Anies menimpali, "Ya, saat itu bulan April 2020".

Anies mengangguk. Kala itu Covid-19 mulai mengamuk di Jakarta. Situasi sedang memburuk. Balapan Formula E seri Jakarta masih dijadwalkan pada Juni 2020. Artinya, dua bulan dari momen obrolan maraton Anies-Alberto. Event ini saat itu di ambang ditunda lantaran Covid-19. Bahkan, muncul opsi benar-benar akan dibatalkan.

Dalam obrolan di telepon dengan Alberto, Anies bersikeras balapan tetap digelar meski harus ditunda beberapa waktu. Sementara Alberto punya pertimbangan lain.

"Sudah banyak dana yang disiapkan. Di sisi lain, kalau rencana balapan ini tidak dilanjutkan, tekanan politik bakal kian luar biasa dan ini harus dihindari," kata Anies.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Akhirnya, lanjut Anies, dirinya dan Alberto sampai pada kesepakatan bahwa ajang balap Formula E di Jakarta dilanjutkan.

"Keputusan (saat itu) telah diambil. Formula E tetap melaksanakan salah satu seri balapannya di Jakarta yakni pada 2022. Kalau keputusannya tidak begitu, tentu ceritanya akan berbeda. Dan sekarang kita semua menyambut event yang telah lama dinantikan ini dengan senang hati," ungkap Anies.

Dalam perjalanannya, sirkuit jalanan balap Formula E yang sebelumnya disiapkan di sekitar Monas pun dipindah ke sirkuit baru di kawasan Ancol dengan beragam pertimbangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini