Share

36 Hewan di Bekasi Terpapar PMK, Pemkot Bentuk Satgas

Jonathan Simanjuntak, MNC Portal · Jum'at 03 Juni 2022 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 338 2605234 36-hewan-di-bekasi-terpapar-pmk-pemkot-bentuk-satgas-MBKxEPaWBm.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mencatat ada 36 hewan ternak di kota Bekasi yang terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK). Menyusul ditemukannya PMK, Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto pun langsung membentuk Satgas.

"Yang pertama kita sudah membuat Satgas kemudian juga terkoordinasi dengan kepolisian, dandim dan tiga pilar yang ada di wilayah yang melakukan operasi," kata Tri Adhianto ketika ditemui di Bekasi, Jumat (3/6/2022).

Satgas tersebut, tambah Tri, bakal melaksanakan pemantauan terhadap perkembangan penyakit hewan yang menular tersebut. Nantinya, Satgas juga akan menyiapkan obat-obatan terhadap hewan-hewan terpapar.

"Di beberapa tempat, saya kira dengan obat-obatan dan vitamin kita yg diberikan itu mampu menyembuhkan mereka. Yang penting adalah cepat diketahui," kata dia.

Tri meminta masyarakat turut aktif untuk dapat melaporkan adanya hewan-hewan yang bergejala penyakit mulut dan kuku. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penyebaran yang lebih luas.

"Terutama saya kira buat pantia kurban untuk kemudian mengantisipasi hal tersebut. Jangan sampai kemudian nanti tidak memenuhi syarii dan ketentuan yang ada. Mungkin fatwa yg telah dikeluarkan baik oleh MUI pusat, maupun dengan MUI kota Bekasi," lanjut dia.

Seperti diketahui, berdasarkan catatan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi ada 36 hewan terjangkit penyakit mulut dan kuku. Sebanyak 36 tercatat pada Senin (2/6/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini