Share

Polda Metro Bakal Tindak Kelompok Khilafatul Muslimin Usai Konvoi di Cawang

Erfan Maaruf, iNews · Jum'at 03 Juni 2022 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 338 2605276 polda-metro-bakal-tindak-kelompok-khilafatul-muslimin-usai-konvoi-di-cawang-DM68B8PQL2.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Polda Metro Jaya sudah mengetahui kelompok Khilafatul Muslimin yang melakukan konvoi di kawasan Cawang, Jatinegara, Jakarta Timur. Polisi tengah mencari unsur pidana terhadap kelompok tersebut untuk melakukan penangkapan kepada kelompok tersebut.

"Apabila ditemukan bukti-bukti dan unsur pidana terkait kegiatan yang mereka lakukan, maka akan dilakukan penegakan hukum," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Jumat (3/6/2022).

Dengan begitu, pihaknya tidak segan-segan melakukan penindakan kepada kelompok yang dianggap membahayakan pemerintahan Indonesia sah.

Dia menyebut kelompok Khalifah ini bisa mengubah ideologi bangsa Indonesia dengan membawa pemahamannya. Oleh karenanya, keberadaan Khilafah di Indonesia tidak dibenarkan karena bertentangan dengan makna Pancasila.

Baca juga: Kapolda Fadil Imran Terjunkan Tim Khusus Usut Konvoi Motor Bawa Bendera Khilafah

"Ini melanggar UUD 1945 dan juga ada ketentuan KUHP, di mana apabila kegiatan ini mereka membuat suatu tulisan yang mana mereka menjelekkan pemerintah yang sah, ini tidak boleh dan ini melanggar hukum acara pidana," tegas jebolan Akpol 1995.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya masih terus menyelidiki kasus konvoi sepeda motor dengan membawa tulisan kebangkitan Khalifah di kawasan Cawang, Jakarta Timur.

Baca juga: Viral Ormas Khilafatul Muslimin Konvoi, Polres Brebes Interogasi Ketua dan Pengurus

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, aksi konvoi itu tidak dibenarkan karena berupaya mengubah ideologi Pancasila.

"Tentu ini adalah pelanggaran berat, kemudian Polda Metro Jaya atas perintah Kapolda telah membentuk tim khusus terkait kasus ini," kata Zulpan di Kapolda Kamis (2/6/2022).

Pihaknya sudah mendapatkan sejumlah data terkait para pengendara yang melakukan konvoi.

Meski begitu, pihaknya masih harus mendalami data para pengemudi roda dua yang terlibat dalam konvoi khilafah.

"Sikap Polda Metro tentunya terkait dalam hal ini adalah apabila ditemukan nantinya adanya unsur pidana dalam kegiatan ini tentu akan melakukan penegakan hulum secara tegas," jelasnya.

Baca juga: Viral Video Massa Khilafatul Muslimin Konvoi dan Ajak Warga Gabung Khilafah, Ini Kata Polda Jateng

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini