Share

13 Sapi di Tangerang Terinfeksi PMK

Nandha Aprilia, MNC Media · Jum'at 10 Juni 2022 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 10 338 2608991 13-sapi-di-tangerang-terinfeksi-pmk-O5t7JAvfTW.jpg Sebanyak 13 sapi di Tangerang terinfeksi PMK. (Ilustrasi/Okezone)

TANGERANG - Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Tangerang melaporkan 13 sapi positif penyakit kuku dan mulut (PMK). Sapi terinfeksi PMK itu ditemukan di kawasan Cipondoh, Kota Tangerang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Abdul Surahman, menuturkan langkah ini dilakukan setelah mendapat peringatan dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Selanjutnya, pihaknya mengambil sampel ke-13 sapi tersebut, lalu dikirimkan ke Kabupaten Subang untuk diperiksa lebih lanjut.

"Setelah dua hari kemudian muncul dari mereka positif 13 sapi itu terkena PMK. Sejak saat itu kita kemudian gencar menemui peternak untuk melakukan isolasi dan pembatasan-pembatasan,” katanya dalam keterangan yang diterima, Jumat (10/6/2022).

Abdul menjelaskan, hewan tersebut terjangkit PMK sekitar Mei lalu.

Namun, dia mengatakan, lebih dulu meminta peternak melakukan penanganan untuk mengisolasi dan pemberian vitamin serta obat-obatan.

Dari ke-13 sapi tersebut, satu di antaranya dikabarkan sudah sembuh dan masih dalam proses perawatan.

Follow Berita Okezone di Google News

Selanjutnya Abdul mengungkapkan saat ini sudah mendapatkan laporan temuan terbaru. Namun hasilnya sedang dalam penelitian.

"Ada laporan dari Karang Tengah, Cipondoh dan Pinang kemudian kita survei ke tempat tersebut, sekarang hasil sedang diteliti," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini