Share

Kasus PMK Merebak, Tangerang Tutup Pengiriman Hewan Kurban dari Luar Kota

Isty Maulidya, Okezone · Kamis 16 Juni 2022 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 338 2612767 kasus-pmk-merebak-tangerang-tutup-pengiriman-hewan-kurban-dari-luar-kota-DYHyrpJvNs.jpg Pemkab Tangerang menutup pengiriman hewan ternak dari luar kota seiring merebaknya PMK. (MNC Portal/Isty Maulidya)

TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang memutuskan menghentikan pengiriman hewan kurban mulai 25 Juni 2022. Hal ini dilakukan akibat semakin merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah tersebut.

"Kita sedang berkoordinasi untuk menutup pintu-pintu perbatasan dan pengiriman hewan kurban mulai tanggal 25 Juni nanti ini untuk mengantisipasi penyebaran PMK," kata Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Kamis (16/6/2022).

Hingga hari ini, jumlah sapi yang terinfeksi PMK di Kabupaten Tangerang mencapai 200 hewan kurban. Sekira 30 persen di antaranya saat ini sudah membaik dan sisanya dalam proses perawatan.

"Alhamdulillah sekitar 30 persen ini sudah membaik. Jadi, yang penting treatmentnya adalah dirawat selama 10 sampai 12 hari. Insya Allah hewan ternak tersebut bisa sembuh dengan sendirinya," ujarnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Ia meminta para penjual hewan ternak terutama menjelang Idul Adha untuk segera melaporkan apabila ditemukan gejala PMK terhadap hewan-hewan ternak jualannya.

"Segera lapor sehingga Pemkab Tangerang melalui dinas, instansi terkait bisa segera mengantisipasi dan memberikan obat vitamin serta bantuan lainnya agar bisa disembuhkan sebelum hari raya Idul Adha," ucapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini