Share

Hari Ini, BEM UI Gelar Aksi Unjuk Rasa di Patung Kuda

Widya Michella, MNC Media · Selasa 21 Juni 2022 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 338 2615215 hari-ini-bem-ui-gelar-aksi-unjuk-rasa-di-patung-kuda-mPo9BgNVrN.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) akan menggelar aksi unjuk rasa terkait pengesahan Revisi Kitab Undang-Undang (RUU) Hukum Pidana sekaligus merayakan ulang tahun Presiden Joko Widodo, Selasa (21/6/2022).

Massa aksi akan berkumpul patung kuda, Jakarta Pusat dengan titik kumpul keberangkatan di lapangan fisip UI pukul 10.30 WIB.

"Mari tolak RKUHP bermasalah karena semua bisa terkena imbasnya. Beberapa pasal bermasalah dalam RKUHP disinyalir dapat dengan mudah digunakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk mengkriminalisasi masyarakat dengan mudah mengacu pada โ€œdraftโ€ 2019,"tulis BEM UI dalam akun Instagram nya @bemui_official, Selasa,(21/06/2022).

ย BACA JUGA:3 Demo Besar di Era Presiden Soeharto

Pihak BEM UI menyenyayangkan proses pembuatan dan pengesahannya RKHUP sama sekali tidak melibatkan partisipasi masyarakat.

Menurutnya banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengubur suara mereka melalui pasal-pasal janggal yang akan hadir dalam kesewenangan kuasa.

"Oleh karena itu, mari kita desak pemerintah melalui aksi simbolik agar segera membuka naskah RKUHP kepada masyarakat dan merevisi beberapa pasal yang kurang penting dan merugikan masyarakat,"ujarnya.

ย BACA JUGA:Jokowi: Kalau Sedikit-dikit Demo, Negara Sulit Membangun!

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini