Share

Kecamatan Cipondoh Penyumbang Hewan Ternak Terbanyak Suspek PMK di Kota Tangerang

Nandha Aprilia, MNC Media · Selasa 21 Juni 2022 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 338 2615392 kecamatan-cipondoh-penyumbang-hewan-ternak-terbanyak-suspek-pmk-di-kota-tangerang-6pe5xybkl6.jpg Ilustrasi/ Foto: Okezone

TANGERANG - Kecamatan Cipondoh masuk ke dalam kategori wilayah yang kedapati hewan ternak suspek penyakit kuku dan mulut (PMK) terbanyak di Kota Tangerang.

Kepala Bidang Pertanian Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Ibnu Ariefyanto menuturkan hewan ternak yang suspek PMK di Kecamatan Cipondoh tercatat sebanyak 260 hewan.

“Cipondoh itu ada sekitar 260, tapi yang sembuhnya 7,5%,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (21/6/2022).

Selain Kecamatan Cipondoh, beberapa wilayah lainnya yang sudah tercatat suspek PMK yakni Kecamatan Pinang, Periuk, Karang Tengah, Ciledug, Neglasari, Benda dan Karawaci.

Sebagai informasi, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangerang mencatat sebanyak 743 hewan ternak suspek atau terjangkit PMK.

“Jadi berdasar kebijakan walikota untuk menutup dulu (akses) masuk hewan ternak itu ke Kota Tangerang, terakhir itu di tanggal 24 Juni karena khusus menjelang idul adha,” paparnya.

Untuk pencegahan PMK sendiri diakui Ibnu bahwa akan dilakukan vaksin terhadap hewan ternak. Namun terkhusus saat ini pemerintah pusat masih memfokuskan pemberian vaksin ke daerah wabah penyakit.

 BACA JUGA:Jokowi: Wabah PMK Harus Ditangani Seperti Covid-19

“Untuk kita di Kota Tangerang belum ada vaksin. Jadi vaksin di daerah Aceh dan Jawa Timur. Di Kota Tangerang kemungkinan di bulan Juli habis idul adha,” paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini