Share

Demo Tolak RKUHP Ricuh, Asap Mulai Mengepul di Depan Gedung DPR

Bachtiar Rojab, MNC Media · Selasa 28 Juni 2022 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 338 2619881 demo-tolak-rkuhp-ricuh-asap-mulai-mengepul-di-depan-gedung-dpr-LcqbtHEl72.jpg Foto: MNC Portal

JAKARTA – Massa BEM UI bersama ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Nasional Reformasi Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) memaksa masuk gedung DPR RI, Jakarta Pusat.

(Baca juga: Demo RKUHP Ricuh, Mahasiswa Rusak Barikade Kawat Berduri dan Buka Paksa Gedung DPR)

Mahasiswa juga mahasiswa membakar sampah dan barikade kawat berduri yang dipasang petugas di depan gerbang DPR.

Pantauan MNC Portal di lokasi, Selasa (28/6/2022) ratusan mahasiswa bernyanyi meminta gerbang DPR agar segera dibuka.

"Buka, buka, buka pintunya, buka pintunya sekarang juga," teriak ratusan aksi massa di depan gedung DPR, Jakarta.

Tak usai di situ, mahasiswa yang meminta merengsek masuk turut membakar sampah hingga banner di dekat pagar gedung DPR. Aksi sempat ricuh usai polisi menyemprot gas hydrant guna memadamkan api.

Sontak, mahasiswa yang berada di depan barisan mundur perlahan akibat perihnya gas tersebut. Namun, segelintir mahasiswa tetap berteriak untuk berdiri di depan di tengah kemelut.

"Mundur teman-teman, kita akan tutup jalan!," teriak salah seorang orator.

Adapun kejadian tersebut, usai mahasiswa meminta salah satu perwakilan DPR maupun Ketua DPR RI Puan Maharani untuk menemui mahasiswa di depan Gedung DPR.

Seperti diketahui, Gabungan mahasiswa yang diinisiasi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) berunjuk rada di depan gedung DPR RI, Jakarta Pusat. Hal itu, sebagai bentuk gugatan terhadap Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Dalam pantauan MNC Portal di lokasi, massa yang tergabung dalam Aliansi Nasional Reformasi Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) melakukan longmarch pada pukul 15.00 WIB hingga tiba di depan gedung DPR pukul 15.15 WIB.

Rombongan masa melakukan longmarch dari kawasan gedung TVRI menuju depan gedung DPR. Mereka, berjalan beriringan sembari menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini