Share

Anies Baswedan Pastikan Warga Jakarta Dapat Akses Air Bersih

Yohannes Tobing, Sindonews · Kamis 30 Juni 2022 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 338 2621226 anies-baswedan-pastikan-warga-jakarta-dapat-akses-air-bersih-zCw3Fs0WQY.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (foto: MPI/Yohannes)

JAKARTA - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menghadiri acara Hajatan 100 Hari Mengalir dan peletakan pipa pertama di RW 01 Kelurahan Kamal Muara, Kamis (30/6/2022).

Menurut Anies, dari kegiatan ini bisa terlihat bahwa dirinya beserta jajaran terus melakukan dan memastika bahwa akses air bersih untuk seluruh masyarakat Jakarta khususnya di Kamal Muara terus berlanjut.

"Alhamdulillah pagi hari ini di RW 01 Kelurahan Kamal Muara, kita mensyukuri 100 hari pengaliran air minum di kawasan ini jadi kita ingin agar warga di Jakarta makin banyak yang bisa mendapatkan air dari pipa," kata Anies.

 BACA JUGA:Anies Baswedan Minta Sekolah Swasta Ikut Serta Wujudkan Jakarta Kota Global setelah Kukuhkan BMPS DKI

"Dengan cara seperti itu mereka tidak harus satu mengambil air dari dalam tanah dan yang kedua tidak harus membeli air dari distributor yang harganya mahal," Sambungnya.

Anies menambahkan, dari hitungan yang dilakukan oleh PAM Jaya, masyarakat dapat melakukan penghematan cukup signifikan. Jika sebelumnya dalam satu bulan harus belanja air mingguan atau harian yang total per bulan pengeluarannya bisa sampai Rp800 ribu hingga satu juta rupiah.

 BACA JUGA:Anies Kukuhkan Panitia Bulan Dana PMI Jakarta 2022

Untuk itu, dengan adanya jalur air pipa ini maka masyarakat nantinya bisa membayar hanya sekitar Rp50 ribu sampai Rp70 ribu atau setinggi-tingginya Rp80 ribu tergantung konsumsinya.

"Ini adalah penghematan yang luar biasa, kalau tadi hitungan bisa menghemat 95 persen, artinya pendapatan masyarakat bisa dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan lain, bisa untuk pendidikan anak, bisa untuk perbaikan rumah, bisa untuk kegiatan lain," ungkapnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Dirinya juga menambahkan, kebutuhan air masyarakat disiapkan oleh negara, dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PAM Jaya yang menyalurkan pipa hingga di ujung Jakarta.

"Pesan saya gunakan untuk kebutuhan hidup dan kegiatan usaha. Dua ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, Insya Allah ini menjadi keberkahan bagi masyarakat di sini," tuturnya.

Untuk diketahui, saat ini tercatat sudah 11 RT di RW 01 Kelurahan Kamal Muara yang telah menikmati akses air perpipaan yakni RT 01, 02, 03, 04, 05, 06, 08, 09, 10, 11 dan 12. Dan 8 RT di RW 04 Kelurahan Kamal Muara.

Sementara itu yang juga sudah disambung akses air perpipaan oleh PAM JAYA yakni RT 01 – 08. Saat ini juga terdapat sekitar 16.000 sambungan baru yang sudah dipasang oleh PAM JAYA melalui proyek SPAM Hutan Kota di Kamal Muara.

Jumlah ini akan terus bertambah. Ini merupakan salah satu bukti kesiapan PAM JAYA menuju 100 tahun pada 23 Desember 2022 serta menuju 100 persen cakupan layanan pada 2030.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini