Share

Bima Arya: Saya Sangat Berduka Terima Kabar Berpulangnya Tjahjo Kumolo

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 01 Juli 2022 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 338 2621754 bima-arya-saya-sangat-berduka-terima-kabar-berpulangnya-tjahjo-kumolo-hCuQQTkQdb.jpg Wali Kota Bogor Bima Arya (Foto: Putra Ramadhani)

BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyampaikan ucapan belasungakawa atas wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. Sosok almarhum sudah dikenalnya sudah cukup lama.

"Saya sangat berduka, menerima kabar tadi berpulangnya Menpan-RB pak Tjahjo Kumolo. Saya mengenal beliau cukup lama ya, tahun 2007-2008, ketika masih di DPR," kata Bima, Jumat (1/7/2022).

Almarhum dikatakannya sebagai teman untuk berdiskusi dalam berbagai hal. Termasuk kerap komunikasi terkait kebijakan Kemenpan RB.

"Temen diskusi, teman debat juga bahkan sejak jadi Menteri tidak putus komunikasi. Terakhir bertemu di Bandar Lampung, acara APEKSI kita ngobrol panjang whatsapp-an. Kalau ada kebijakan Kemenpan RB selalu kontak minta masukan dan sebagainya. Jadi saya berduka dan kini juga Kemenpan RB tengah ada tugas sangat berat ya terkait pengurangan staf honorer, banyak yang kami diskusikan," ungkapnya.

Baca juga: Peti Dibalut Bendera Merah Putih Jenazah Tjahjo Kumolo Siap Diberangkatkan ke Rumah Dinas

Selain itu, tambah Bima, almarhum dinilainya sebagai sosok yang sangat nasionalis. Selama ini, Tjahjo telah mencurahkan semua tenaga dan pikirannya agar tercipta birokrasi yang lebih profesional.

"Beliau sangat nasionalis, cinta Pancasila, NKRI dan selalu menyampaikan kepada aparatur agar lebih profesional, lebih amanah, lebih efesien di setiap waktu selalu menyemangati kami dan ASN. Selama ini, beliau mencurahkan kerjanya agar birokrasi lebih profesional dan kredibilitas serta amanah," tutupnya.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Wafat, Menag: Almarhum Sosok Pandai Bergaul dan Terbuka

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Untuk diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng Jakarta pada pukul 11.10 WIB. Menteri Tjahjo menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut sejak pertengahan Juni.

Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini mengonfirmasi berita duka tersebut. "Bapak Menteri telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya," ujar Rini dalam keterangannya, di Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini