Share

Layangan Erat dengan Permainan Tradisional hingga Pengusir Hama, Anies: Kini Jadi Ajang Kompetisi Olahraga

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Minggu 03 Juli 2022 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 338 2622725 layangan-erat-dengan-permainan-tradisional-hingga-pengusir-hama-anies-kini-jadi-ajang-kompetisi-olahraga-gyUjzHYo5D.jpg Anies Baswedan dalam pembukaan Kejurnas Layangan Aduan/ Foto: Instagram

 JAKARTA - Siapa yang tak tahu permainan layang-layang yang identik erat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan semua punya kenangan dengan layangan terlebih juga memiliki fungsi salah satunya pengusir hama.

 BACA JUGA:Kenang Masa Kecil, Anies: Bermain Layangan hingga Lupa Tidur Siang

"Layangan, permainan tradisional yang amat erat dengan kehidupan masyarakat Nusantara. Kebanyakan dari kita tumbuh besar dengan bermain layangan, kita semua punya kenangan dengan layangan, dan di banyak tempat punya fungsi yang lain, mulai dari pengusir hama maupun memancing ikan," kata Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan, Minggu (3/7/2022).

Anies menambahkan kini layangan menjadi ajang kompetisi olahraga. Menurutnya itu hal unik yang dapat melahirkan prestasi atlet layangan aduan.

"Yang unik adalah ketika layangan menjadi sport/olahraga, maka di situ ada kompetisi dan prestasi. Kemarin membuka Kejuaraan Nasional Layangan Aduan Piala Gubernur DKI tahun 2022 di kawasan Lapangan PIK 2, Jakarta Utara," ujarnya.

 BACA JUGA:Update PMK 3 Juli 2022 : 315.448 Sakit, 105.915 Sembuh dan 2.002 Ekor Mati

Kejurnas Layangan Aduan diikuti atlet layangan dari 10 provinsi berkumpul di Jakarta, siap berprestasi. Jakarta mengundang dan merasa terhormat bisa menyambut pelayang dari berbagai daerah di tempat ini.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut


"Kita berharap agar kompetisi seperti Kejurnas Layangan Aduan ini akan mencetak atlet-atlet berpengalaman yang siap berlaga di kompetisi internasional. Harapannya juga dapat mengulang atau melebihi prestasi dari mantan juara dunia layangan asal Bandung yakni Lei Fie Kiat alias Akiat," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini