Share

Dibayangi PMK, Anies Siagakan 865 Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Senin 04 Juli 2022 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 338 2623142 dibayangi-bayangi-pmk-anies-siagakan-865-petugas-pemeriksa-kesehatan-hewan-kurban-NEW0OVJxBZ.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau hewan kurban (Foto : Instagram/@aniesbaswedan)

JAKARTA - Pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriah di bawah bayang-bayang wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menular sangat cepat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bergerak cepat dengan menyiagakan 865 petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban menjelang Hari Raya Idul Adha.

"Pelaksanaan Idul Adha tahun ini dibayang-bayangi munculnya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang juga menular secara cepat seperti Covid-19. Sehingga, diperlukan langkah-langkah dan tindakan untuk proses pengamanan," kata Anies dikutip dari laman Instagram @aniesbaswedan, Senin (4/7/2022).

"Jumat lalu melepas 865 Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan dan Daging Kurban menjelang Iduladha 1443 H. Terdiri dari Petugas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, petugas dari Sudan KPKP tiap wilayah, serta kolaborasi dari berbagai pihak lainnya," imbuhnya.

Anies juga menambahkan bahwa Pemprov DKI mendapat bantuan tenaga pemeriksa dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB sebanyak 60 orang, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jakarta sebanyak 84 orang, Petugas Kementerian Pertanian 15 orang, serta Juru Sembelih Halal (JULEHA) 60 orang.

"Pelepasan petugas ini bertujuan untuk memastikan pengendalian dan penanggulangan penyakit mulut dan kuku di Jakarta berjalan dengan baik. Meliputi, Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE), pemeriksaan dan pengobatan di sentra ternak/penampungan hewan kurban, rapat koordinasi lintas sektoral, pengawasan lalu lintas hewan di lokasi check point Kalimalang dan sosialisasi melalui infografis," ucapnya.

Lebih lanjut, Eks Mendikbud RI itu mengatakan fungsi tenaga pemeriksa kesehatan guna memastikan hewan benar-benar bebas PMK.

"Para tenaga pemeriksa kesehatan hewan yang bertugas akan memastikan benar-benar agar hewan yang terjangkit PMK tidak terdistribusi sebagai hewan kurban," tuturnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini