Share

Dinas LH DKI Klaim Aksi Earth Hour Berhasil Turunkan Emisi 110,61 Ton CO2e

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Senin 04 Juli 2022 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 338 2623225 dinas-lh-dki-klaim-aksi-earth-hour-berhasil-turunkan-emisi-110-61-ton-co2e-fj4bbmVhj0.jpg Ilustrasi aksi earth hour/ Foto: Antara

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) mengklaim aksi pemadaman listrik atau Earth Hour yang berlangsung pada Sabtu (2/7/2022) malam, berhasil menurunkan emisi CO2 ekuivalen sebesar 110,61 ton.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan pada saat pemadaman lampu serentak juga terjadi penghematan hingga 118,42 Mwh atau setara Rp171 juta.

"Penghematan konsumsi listrik dari aksi pemadaman serentak selama satu jam pada Sabtu kemarin 118 Megawatt, setara Rp 171 juta," kata Asep dalam keterangannya, Senin (4/7/2022).

Asep menambahkan aksi pemadaman lampu selama satu jam ini sebagai tindaklanjut implementasi Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu Dalam Rangka Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon.

“Tujuannya, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penghematan energi, penghematan ekonomi, serta penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK),” ucapnya.

Sebagai informasi, lokasi pemadaman lampu di Jakarta pada seluruh bangunan/gedung Kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kecuali rumah sakit, puskesmas, dan klinik. Sedangkan, jalan protokol dan jalan arteri di lima wilayah juga dipadamkan.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Selain itu, lampu di tujuh simbol kota Jakarta juga dipadamkan yaitu, Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Monumen Nasional dan air mancurnya, Patung Arjuna Wiwaha, Bundaran Hotel lndonesia, Patung Pemuda beserta air mancurnya, Patung Pahlawan, dan Patung Jenderal Sudirman. Beberapa gedung milik swasta, gedung komersial, pusat perbelanjaan, restoran, hotel, dan apartemen juga melakukan pemadaman.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warganya untuk memadamkan lampu serta alat elektronik selama satu jam sejak pukul 20.30 WIB, Sabtu. Ajakan itu bertepatan dengan aksi earth hour.

 BACA JUGA:Praktis dan Mudah, Tunaikan Ibadah dengan Kurban Online Melalui Aplikasi MotionPay

Hal tersebut, kata Anies, bertujuan untuk menghemat energi, mengingat saat ini sumber daya alam mengalami pengurangan signifikan karena konsumsi energi yang berlebih.

"Jadi gini, kita hidup di era di mana konsumsi energi telah mengakibatkan sumber daya alam mengalami pengurangan yang signifikan. Yang kedua produksi energi, pembangkit-pembangkit energi menghasilkan polutan yang merusak lingkungan," kata Anies setelah membuka turnamen layangan aduan di Lapangan PIK 2, Jakarta Utara, Sabtu (2/7/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini