Share

Cegah Kemacetan, Dishub DKI Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Senin 04 Juli 2022 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 338 2623374 cegah-kemacetan-dishub-dki-uji-coba-rekayasa-lalu-lintas-di-bundaran-hi-My8Lrc4sRp.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat mulai 4-10 Juli 2022. Pelaksana harian (Plh) Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub DKI Jakarta Emanuel Kristanto mengatakan uji coba rekayasa lalu lintas sebagai upaya memperlancar arus di Jalan MH Thamrin-Sudirman.

Emanuel menjelaskan, salah satu alasan diberlakukan uji coba rekayasa lalu lintas adanya persilangan arus dari selatan Jalan Sudirman menuju arah timur Jalan Imam Bonjol dengan arus dari utara menuju selatan.

"Jadi gini prinsipnya yang pertama, rekayasa lalin di Bundaran HI merupakan salah satu upaya untuk memperlancar arus lalin di Jenderal Sudirman-Thamrin," kata Emanuel saat dihubungi, Senin (4/7/2022).

 BACA JUGA:2 Hari Uji Coba Gage di Jakarta, 908 Pelanggar Ditegur

"Nah, memang ada salah satu titik krusial yang kami rasa perlu untuk dilakukan penanganan, terutama yang krusial saat ini itu adalah adanya crossing (persilangan) di Bundaran HI, terutama antara kendaraan yang dari arah utara ke selatan dengan kendaraan yang dari arah selatan mau menuju ke timur, ke Jalan Imam Bonjol," imbuhnya.

Emanuel menyebut persilangan diperparah dengan meningkatnya aktivitas masyarakat pasca pelonggaran PPKM level 1 di Jakarta.

"Crossing itu akhir-akhir ini semakin terasa mengganggu, terkait dengan semakin meningkatnya aktivitas masyarakat. Sebenarnya kita ingin mengurai adanya crossing kendaraan yang berada di jalinan bundaran, dari bundaran menuju timur dan dari utara menuju ke selatan. Karena memang sudah kondisi PPKM yang semakin dilonggarkan, kemudian tingkat masyarakat yang WFH (Work Form Home) semakin berkurang kan sekarang ini sebagian besar sudah aktivitas di kantor, sudah mulai WFO (Work From Office) semua, otomatis ini ikut juga berperan dalam peningkatan kondisi lalu lintas," jelasnya.

 BACA JUGA:Uji Coba Gage 13 Titik Baru pada 6-12 Juni, Polisi Tak Lakukan Penilangan

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) sebagai upaya mengurangi kepadatan lalu lintas saat jam pulang kerja.

"Dalam rangka mengurangi kepadatan dan konflik lalu lintas di Bundaran HI, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan melakukan Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia," tulis laman Instagram @dishubdkijakarta dikutip, Minggu (3/7).

"Uji coba rekayasa lalu lintas akan dilaksanakan pada tanggal 4-10 Juli 2022 pukul 16.00-21.00 WIB," imbuhnya.

Berikut uji coba rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan;

1. Pengalihan lalu lintas dari arah Selatan ke Timur dilakukan secara terbatas dengan prioritas untuk bus Transjakarta dan rombongan VVIP.

2. Pengalihan lalu lintas dari arah Timur ke Utara.

3. Lalu lintas dari Selatan yang akan menuju ke Timur dialihkan melalui Jalan MH Thamrin - putar balik di Bundaran Patung Kuda atau di depan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

4. Lalu lintas dari Timur yang akan menuju Darat/Utara dialihkan belok kiri melalui Jalan Jenderal Sudirman - putar balik di landmark kolong Sudirman - Jalan Galunggung - belok kiri ke Kupingan BNI - Jalan Jenderal Sudirman - dan seterusnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini