Share

Idul Adha 1443 H, Wagub DKI: Jangan Jualan Hewan Kurban di Trotoar

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 05 Juli 2022 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 338 2623679 idul-adha-1443-h-wagub-dki-jangan-jualan-hewan-kurban-di-trotoar-3IGk6J88KJ.jpg Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Foto : Antara)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau penjual hewan kurban agar tidak berjualan di atas trotoar. Diketahui mulai marak pedagang hewan kurban menjual dagangannya diatas trotoar menjelang Idul Adha 1443 Hijriah.

"Ya tentu kami memahami, mengerti, memasuki Hari Raya Idul Adha, hari raya kurban, itu banyak pedagang yang berjualan. Cuma, kami minta jangan di trotoar. Kalau di trotoar mengganggu pejalan kaki, mengganggu ketertiban," kata Ariza kepada awak media di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin 4 Juli 2022, malam.

Ariza meminta para pedagang mencari tempat lain tidak diatas trotoar yang sudah rapih. Pihak Pemprov DKI juga berupaya mencarikan tempat strategis bagi para pedagang hewan kurban.

"Silakan cari tempat yang ada. Pemda sendiri sudah juga berupaya mencarikan, membantu mencarikan tempat2 bagi pedagang sapi, kambing, atau hewan kurban," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan seluruh hewan kurban di Jakarta bebas penyakit mulut dan kuku (PMK). Diketahui Pemprov DKI memproyeksikan sebanyak 47 ribu ekor hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

"Pagi hari ini kita meluncurkan sama-sama program dukungan kebutuhan pangan di Jakarta dan khususnya untuk memasuki Idul Adha ini Jakarta memiliki kebutuhan diproyeksikan tahun ini adalah 47 ribu ekor untuk kurban akhir pekan ini," kata Anies di Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Anies manambahkan saat ini telah masuk 42 ribu ekor hewan kurban dan telah menjalani prosedur karantina. Masih terdapat 5 ribu ekor hewan kurban masih dalam perjalanan.

"Yang sudah masuk di Jakarta saat ini sudah 42 ribu dan mereka semua menjalani prosedur karantina dan lain-lain sehingga InsyaAllah status di Jakarta tetap hijau dan aman dari PMK. Masih ada 5 ribu yang dalam perjalanan diprediksikan akan tuntas sebelum perayaan Idul Adha," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini