Share

Dishub Bakal Permanenkan jika Ujicoba Lalin Bundaran HI Berhasil Diterapkan

Rizky Syahrial, MNC Media · Selasa 05 Juli 2022 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 338 2623772 dishub-bakal-permanenkan-jika-ujicoba-lalin-bundaran-hi-berhasil-diterapkan-teEvo33SpP.jpg Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo (foto: MPI/Rizky)

JAKARTA - Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) di Bundaran HI akan di permanenkan jika berhasil diterapkan.

"Nanti setelah evaluasi ini kami hasilkan ternyata harus diperpanjang dan diberlakukan secara bertahap, tentu ini akan dipermanenkan," ujarnya kepada wartawan Senin (4/7/2022).

 BACA JUGA:Uji Coba Rekayasa Lalin di Bundaran HI Mulai Diterapkan Hari Ini

Menurutnya, tidak hanya kendaraan roda empat, roda dua pun dilarang dalam penerapan lalin yang ada di Bundaran HI ini.

"Seluruh kendaraan bermotor dilarang belok kanan (rekayasa lalin), kecuali perjalanan VVIP dan Transjakarta," tuturnya.

 BACA JUGA:Cegah Kemacetan, Dishub DKI Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI

Alasan penerapan rekayasa lalin ini menurutnya, karena lalu lintas harian yang melintas dikawasan tersebut mencapai lebih dari 97 ribu kendaraan khususnya pada sore hari. Ia dan jajarannya membuat rekayasa ini unruk mengurai kepadatan yang ada di kawasan ini.

"Perlu dilakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas, sehingga kawasan ini yang terjadi kepadatan demikian tingginya khususnya pada sore hari ini akan lebih smooth," pungkasnya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Ia melanjutkan, jika masyarakat yang melanggar rekayasa lalin, pihaknya akan mengenakan sanksi sesuai dengan UU no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan.

"Bagi masyarakat yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalin angkutan jalan, serta denda maksimum Rp500 ribu," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) , Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat mulai besok 4 Juli-10 Juli 2022. Rekayasa lalin demi mengurangi kemacetan saat jam pulang kerja.

"Dalam rangka mengurangi kepadatan dan konflik lalu lintas di Bundaran HI, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia," tulis Instagram @dishubdkijakarta, Minggu (3/7/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini