Share

PPKM Jakarta Naik ke Level 2, Ini Tanggapan Anies

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 05 Juli 2022 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 338 2623888 ppkm-jakarta-naik-ke-level-2-ini-tanggapan-anies-7dUoTYlvMt.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (foto: dok Pemprov DKI Jakarta)

JAKARTA - Pemerintah pusat menaikan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta, dan wilayah penyangga lainnya atau Jabodetabek naik ke level 2 mulai 5 Juli hingga 1 Agustus mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terlihat enggan terlalu banyak bicara. Ia menyebut akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan pemerintah pusat.

"Nanti saya akan komunikasi dahulu dengan pemerintah pusat," kata Anies kepada awak media di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (5/7/2022).

 BACA JUGA:PPKM di Jabodetabek Kembali Level 2, Begini Aturannya

Sebelumnya, Dirjen Bina Adwil dan juga Wakil Ketua III Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Safrizal menjelaskan pelaksanaan PPKM kali ini perlu ada perhatian serius kepada seluruh pihak, khususnya Jawa Bali yang kembali ada daerah dengan status PPKM Level 2.

“Akhir-akhir ini kita melihat adanya peningkatan kasus covid-19 dikarenakan adanya penyebaran varian BA.4 dan BA.5. Beberapa daerah terpaksa harus dinaikkan menjadi Level 2 yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Sorong," ujar Safrizal.

 BACA JUGA:Kasus Covid-19 di Indonesia Melonjak, PPKM Naik Level?

Safrizal menjelaskan, dengan menggunakan indikator transmisi komunitas untuk melakukan asesmen pemerintah daerah dalam pelaksanaan PPKM, saat ini untuk Jawa Bali terdapat 114 daerah dengan status PPKM Level 1, menurun dari pelaksanaan Inmendagri sebelumnya yaitu 128 daerah.

"Sedangkan jumlah daerah dengan status Level 2 meningkat menjadi 14 daerah, dari yang sebelumnya tidak ada satupun daerah yang berada di Level 2," ungkapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini