Share

Hendak Tawuran, Polisi Amankan Puluhan Orang di Pademangan

Yohannes Tobing, Sindonews · Sabtu 09 Juli 2022 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 09 338 2626732 hendak-tawuran-polisi-amankan-puluhan-orang-di-pademangan-53UcVwXBzf.JPG 40 orang diamankan (Foto MPI)

JAKARTA - Unit Reskrim Polsek Pademangan mengamankan puluhan remaja dan pemuda yang kedapatan akan melakukan aksi tawuran dengan sejumlah pemuda dari wilayah lain di Jakarta Utara.

Kapolsek Pademangan Kompol Happy Saputra mengatakan pihaknya mengamankan 40 remaja yang diketahui melakukan perjanjian tawuran dengan sejumlah kelompok remaja lainnya.

"Jadi memang adik-adik yang di belakang kita ini belum sampai melakukan tawuran. Tapi kami melakukan pencegahan, kami melakukan intervensi di awal, di hulunya kami sudah melakukan upaya pencegahan," Kata Happy saat di Mapolsek, Sabtu (9/7/2022).

Dijelaskan Happy, pengungkapan ini bermula ketika pihaknya berpatroli dengan Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) dan menemukan dua hasil operasi yang dilakukan semalam.

"Kami langsung bergerak ke beberapa titik tempat kumpul mereka. Pertama di Jalan Ampera RW 12 sekitar 24 orang kumpul dan minum minuman keras, kemudian di dalam HP mereka, terbukti melakukan pembicaraan untuk tawuran," Ucapnya.

Menurut Happy dalam telepon seluler mereka juga terdapat akun-akun Instagram yang memang diketahui sudah terafiliasi dengan akun-akun yang mau melakukan tawuran.

Kemudian penyisiran lokasi kedua, petugas menemukan segerombolan remaja di Jalan Budi Mulia dan juga di Jalan Terowongan. Ada sebagian yang berniat ingin tawuran namun ada juga yang tidak berpotensi.

"Nah, yang ada di depan ini semua mereka yang sudah kami filter, ada yang juga yang tidak terafiliasi, kami tidak bawa. Kami sita semua ponsel dan mereka sudah terafiliasi nama-nama gengnya," Ucapnya

"Jadi kalau melihat di sini, ada geng namanya adalah Warzone 2008, dari grup Instagram nama kelompok ini, saya imbau agar seluruh warga, seluruh masyarakat yang tahu untuk melaporkan pada kami," Lanjutnya.

Menurut Happy, kelompok atau geng Warzone 2008 ini telah terafiliasi untuk melakukan upaya-upaya tawuran. Kelompok atau geng anak-anak ini merasa bahwa mereka adalah geng hebat dan ingin menunjukkan eksistensi diri mereka.

"Karena memang motivasi mereka melakukan tawuran karena mereka ingin eksis, mereka ingin mencari nama, dan mereka juga kadang ada tantangan dari luar. Kami harap seluruh orang tua agar betul-betul menjaga anaknya," Tegasnya.

Happy berharap, para orang tua untuk tidak lelah mengingatkan sang anak apabila mereka belum pulang tengah malam dan harus segera mereka mencari. Menurutnya jangan sampai akhirnya mencarinya ketika sudah di kantor polisi.

Adapun atas perbuatan 40 remaja tersebut, Polsek Pademangan akan membuat surat rekomendasi kepada Kepala Sekolah untuk mencabut KJP-nya. Tak hamya itu saja Polisi akan memberi pembelajaran bagi lima pemuda yang menjadi dalang utama tawuran.

"Kami juga sudah mengidentifikasi ada lima orang yang menjadi dalang atau provokator. Kami amankan dulu di Polsek Pademangan untuk lakukan hukuman yaitu membersihkan Polsek dan harus melakukan olah raga rutin bersama Kapolsek," Ucapnya.

Sementara itu untuk 35 remaja dan pemuda lainnya akan dibawa ke Suku Dinas Sosial Jakarta Utara untuk dilakukan pembinaan dan diberikan edukasi yang luar biasa untuk memberikan efek jera.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini