Share

Terjerat Kasus Mafia Tanah, Ini Peran Oknum Pejabat BPN

Erfan Maaruf, iNews · Rabu 13 Juli 2022 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 338 2628828 terjerat-kasus-mafia-tanah-ini-peran-oknum-pejabat-bpn-rsFs1f6klR.jpg Illustrasi (foto: freepick)

JAKARTA - Pejabat Badan Pertanahan Nasional (BPN) berinisial PS ditangkap karena terlibat sindikat mafia tanah sebagai aktor intelektual mafia tanah di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dia bekerjasama dengan pendana dalam menerbitkan sertifikat tanpa cara yang benar.

"PS ini pejabat BPN yang berperan sebagai aktor intelektual dan dia bekerja sama dengan founder atau pendana. Dia ini menerbitkan sertifikat dengan warkah palsu dan tanpa melalui prosedur yang benar," jelas Kabid humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Rabu (13/7/2022).

 BACA JUGA:Terlibat Mafia Tanah, Oknum Pejabat BPN Jakut Dapat Uang Rp200 Juta

PS disinyalir menerbitkan sejumlah sertifikat bermasalah yang peralihannya dilakukan tanpa prosedur yang benar. Disinyalir ada banyak objek tanah lain yang sertifikatnya bermasalah yang diterbitkan oleh oknum pejabat BPN ini.

"Untuk saat ini sudah ada enam laporan yang kami tangani," ungkap Zulpan.

 BACA JUGA:Terlibat Sindikat Mafia Tanah, Oknum Pejabat BPN Ditangkap Polisi

PS merupakan Ketua Ajudikasi PTSL di salah satu kantor BPN di Jakarta Selatan. Saat ini PS menjabat sebagai Koordinator Substansi Penataan Pertanahan BPN Kota Administrasi Jakarta Utara.

"Tapi sewaktu melakukan tindak pidana ini dia menjabat sebagai Ketua Ajudifikasi PTSL di BPN Jakarta Selatan," jelas Zulpan.

PS ditangkap pada oleh jajaran Subdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada Selasa (12/7) sekitar pukul 23.30 WIB di kawasan Depok, Jawa Barat.

Proses penyelidikan mafia tanah yang melibatkan pejabat BPN saat masih terus digencarkan. Polisi menduga masih banyak lagi ASN yang terlibat kasus serupa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini