Share

Heboh Pelecehan di Kendaraan Umum, Wagub DKI Jajal Naik Angkot Tebet-Kuningan

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Kamis 14 Juli 2022 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 14 338 2629270 heboh-pelecehan-di-kendaraan-umum-wagub-dki-jajal-nauik-angkot-tebet-kuningan-q05iixBf0y.jpg Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria naik angkot (Foto : MPI/Istimewa)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) melakukan inspeksi mendadak (sidak) dengan menjajal naik angkot di kawasan Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (13/7/2022) sore. Hal itu guna memastikan angkot di Jakarta aman setelah marak aksi pelecehan seksual, terutama angkot di bilangan Kuningan yang belakangan ramai diperbincangkan.

"Hari ini saya datang ke halte integrasi Tebet untuk melihat kondisi angkot. dan juga nanti akan naik angkot untuk memastikan bahwa tranportasi publik di Jakarta itu bersih rapi aman dan terjangkau," ujar Ariza kepada wartawan di lokasi, Rabu 13 Juli 2022.

"Saya ingin memastikan kepada warga Jakarta tidak usah takut naik tranportasi publik termasuk angkot, saya tadi nanya kepada warga Alhamdulillah warga merasa aman dan nyaman," imbuhnya.

Ariza menambahkan Pemprov DKI telah menyiapkan sejumlah upaya pencegahan aksi pelecehan seksual di kendaraan umum termasuk angkot. Adapun salah satu upaya yang didorong yaitu menyiapkan pos Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA).

"Jadi memang beberapa upaya kita lakukan tadi yang pertama saya sampaikan bahwa kita melakukan mitigasi, sosialisasi, menyiapkan pos-pos SAPA, mendorong para perempuan anak berani melapor, dan mengajak sopir angkot semua warga untuk berani menghadapinya bersama tidak perlu takut. Kedua, kami menyiapkan call center stiker 112 termasuk ini nomor pos pelayanan tadi. Ketiga, kami juga melakukan pelatihan bagi sopir-sopir, termasuk yang keempat nanti akan disiapkan juga ke depan dalam kajian ini akan ada CCTV," jelasnya.

Sebelumnya, Aksi pelecehan itu viral di media sosial, kasus yang dialami seorang karyawati asal Depok berinisial AF (21). Korban diraba-raba bagian payudaranya oleh terduga pelaku di dalam angkot trayek Ciputra-Kuningan, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Setelah tahu dirinya dilecehkan oleh penumpang yang duduk bersebelahan dengannya itu, AF lantas pindah tempat duduk. Sambil menangis, AF pun memberanikan diri untuk merekam wajah terduga pelaku agar bisa dijadikan sebagai bukti dalam pelaporannya itu ke polisi.

Kemudian, Polisi tengah menyelidiki kasus dugaan pelecehan seksual yang terjadi di angkot trayek Ciputra-Kuningan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu di media sosial . Demikian dikatakan oleh Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit.

"Tentunya kami pelajari dahulu pelaporannya dan kami akan usut semua, yang mana ditangani oleh (Unit PPA Polres Jakarta Selatan)," ujar Ridwan saat dikonfirmasi, Jumat 8 Juli 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini