Share

Keluarga Korban Kecelakaan Maut Cibubur Diberikan Pendampingan Psikologis

Riana Rizkia, MNC Portal · Selasa 19 Juli 2022 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 338 2632192 keluarga-korban-kecelakaan-maut-cibubur-diberikan-pendampingan-psikologis-6306a2dUgU.jpg Psikolog RS Polri Kramat Jati Arie Astuti. (MNC Portal/Riana Rizkia)

JAKARTA - Pihak Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati akan memberikan pendampingan psikologis kepada keluarga korban kecelakaan truk tangki di Jalan Alternatif Cibubur. Akibat kecelakaan maut itu, 10 orang meninggal dunia.

Psikolog RS Polri, Arie Astuti mengatakan, pihaknya akan memberikan pendampingan secara psikis kepada para keluarga korban kecelakaan.

"Karena memang pastinya ada dampak psikologis pasca kehilangan gitu. Jadi biasanya mereka yang pertama kali lihat adalah shock-nya. Mereka shock gitu sehingga membutuhkan penanganan psikologis pertama," kata Arie di RS Polri Kramat Jati, Selasa (19/7/2022).

Ia menjelaskan, pemberian dukungan psikologis kepada keluarga terdekat yang ditinggalkan bukan hal yang mudah. Ia mengatakan, pendampingan psikologi kepada para keluarga korban memiliki jangka waktu yang bervariasi.

"Biasanya kehilangan orang terdekat itu tidak mudah ya, apalagi kita lihat kalau hubungan mereka dekat. Jadi seperti tadi, si anak kehilangan kedua orangtuanya secara bersamaan pastinya itu membutuhkan waktu yang cukup panjang. Itu dipengaruhi juga faktor kedekatannya sebelumnya seperti apa," ucapnya.

Arie mengatakan, pihaknya juga tidak menentukan waktu pendampingan kepada korban yang membutuhkan dukungan psikologis.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Kita fleksibel, kalau memang mereka membutuhkan itu untuk bisa memberikan penguatan, support atau semacamnya. Tentu kita siap membantu mereka," tuturnya.

Hingga saat ini, tujuh dari sembilan korban kecelakaan yang berada di RS Polri Kramat Jati telah teridentifikasi. Semua jenazah teridentifikasi telah diserahkan ke pihak keluarga.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini